Resto Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah

Karanganyar, Jawa Tengah yang sekarang berbeda dengan jaman saya kuliah tahun 2000an. Karanganyar sekarang memiliki beragam destinasi wisata. Dulu yang terkenal hanya Tawangmangu karena ada Air Terjun Grojogan Sewu, makam Presiden Soeharto sekarang melebar ke wilayah perkebunan teh Kemuning.

Konsep menikmati teh dengan cemilan di area perkebunan teh asal mulanya adalah "Ndoro Dongker", dimana langsung melejit terkenal sampai luar kota. Banyak yang datang ke Ndoro Dongker untuk menikmati berbagai sajian teh dan cemilan sambil berfoto ria di tengah perkebunan teh. 

Kalau menurut penduduk sekitar dan warga kota Solo harga menu Ndoro Dongker cukup mahal, tapi bagi yang di luar daerah biasa masih lebih mahalan starbuck, tapi kapan lagi kita mengunggulkan produk dalam negeri yak.

Sejak adanya Ndoro Dongker akhirnya mulai banyak bermunculan tempat makan sambil berwisata di area Kemuning ini.

Setiap weekend pasti ramai daerah Kemuning, ada banyak destinasi wisata alam yang di tawarkan mulai air tejun, Candi Sukuh, Candi Cetho, hutan karet, perkebunan teh, river tubing, paralayang dkk. Seperti di Lembang Bandung udara sejuk dan pemandangan alam memukai.

Tak terkecuali kami setiap mudik pasti mlipir ngadem ke Kemuning, Karanganyar Jawa Tengah.

Lebaran Idhul Adha 2022 kemarin, kami menyempatkan diri refresing ke Kemuning tepatnya di Resto Kemuning.

Sebetulnya ada banyak pilihan sepanjang jalan seperti Nova, D'Rojo, Amanah, Warung Makan Bu Ning dkk. Entah kenapa mobil kami melaju ke Resto Kemuning ini supaya lebih bisa menyatu dengan alam.

Resto Kemuning yang berlokasi di Ngargoyoso Karanganyar ini berdiri sejak lama, ingat banget waktu itu Ranggi masih belajar jalan kami explore Kemuning. Belum banyak resto pada saat itu, setelah melewati Ndoro Dongker luruss lagii mendekati area Candi berdiri Resto Kemuning di tengah perkebunan teh. Ini adalah kunjungan kami yang ketiga di Resto Kemuning.

Resto Kemuning memiliki fasilitas antara lain

 1. Kolam Renang Gratis meski suhu dingin tapi mana bisa menolak sih, anak-anak kecil melihat air kolam renang nganggur


2. Kolam pemancingan ikan, pengunjung bisa memancing, kalau dapat hasil ya kita beli

3. Naik kuda keliling kebun teh 25 rb
4. River tubing
5. Sewa jeep explore kemuning
6. Sewa ATV
7. Menu makanan yang di tawarkan juga sesuai kantong.

Kami pergi ke Kemuning tepat di Hari Raya Idhul Adha yang kedua di hari Minggu. Lebaran haji tahun ini ada yang merayakan di hari Sabtu ada yang di hari Minggu. 

Kami mengira Kemuning bakal ramai macet seperti biasanya kalau weekend, ternyata di luar prediksi, sepiii beberapa resto tutup karena merayakan Idhul Adha.

Rombongan kami mayoritas berisi anak-anak, otomatis pilihan Resto Kemuning tepat karena satu tempat bisa untuk makan dan anak-anak bermain.

Lokasi Resto Kemuning tidak persis di pinggir jalan raya, akan tetapi di tengah kebun teh, tenang ada splang tulisan Resto Kemuning kok. Jarak Resto Kemuning dari jalan raya sekitar 500 meter.

   Berada di antara dedaunan teh eee diatasnya ada yang naik paralayang, kebetulan kami sudah mencoba paralayang juga disini

Resto kemuning terbagi menjadi empat bagian, bagian sebelah kanan area parkir terdapat musholla dan saung saung tempat makan persis di seputaran perkebunan teh. Bagian tengah terdiri dari dua kolam ikan dimana bagian pinggir tempat makan lesehan, jadi pengunjung bisa makan sambil mendengar gemericik air dan melihat ikan yang berlalu lalang, bagian samping kiri terdapat kolam renang dan area tanaman teh.

Menu yang kami pilih antara lain :
- Ikan Bakar 
- Lele goreng
- Ayam kampung goreng
- Sayur urap
- Tahu Tempe
- Teh manis panas kental endeus
- Es teh

Total makanan yang kami pesan habisnya sekitar Rp. 425.000 untuk 16 orang. Murahkan yakss? 

Tempat order dan membayar berada di depan kolam ikan. Dulu setiap kami makan di Resto Kemuning harus sedia uang cash, belum ada mesin EDC, sekarang sudah ada mesin EDC.

Sekian dulu yaa salah satu destinasi yang kami kunjungi ketika mudik ke Solo lebaran Idhul Adha 2022 menggunakan moda transportasi Bus Sinarjaya

Tempat makan dan destinasi yang sudah kami coba di area Tawang Mangu dan Kemuning antara lain :


2. Hitsnya sejak dulu Air Terjun Grojogan Sewu

3. The Mongkrang Kalau ini jalurnya ke arah Sarangan tepat kanan jalan kalau dari Solo, viewnyaa 👌



6. Pengalaman Compervan, Camping di Segoro Gunung Kemuning view cakep banget

7. Resto Amanah ini juga kereen komplit plitt ada mini market, bakery factory, tanaman hidroponik berbagai mainan anak-anak bahkan ada penginapannya juga. 
Beberapa kali kami ke resto ini, rotinya enaak apalagi masih anget-anget keluar dari oven.


Kegiatan yang mamacu adrenalin woww seruuuu masya Allah.
Pengalaman pertama kami sekeluarga merasakan sensasi paralayang. 
Bikin ketagihan tapi next gantian paralayang dengan view laut Insya Allah 🤲🤲

                               Candi Cetho
Pokoknya sobatku wisata di Karanganyar keren banget untuk harga tidak semahal wisata di Jawa Barat. Mau ke Solo lanjut Jawa Timur boleh banget lewat Karanganyar mampir menginap di sana 👍.

Sekian dulu yaaa, berikutnya saya akan mengulas pengalaman kami mudik lebaran haji kemarin mampir Kraton Mangkunegaran Solo.

Posting Komentar

34 Komentar

  1. Makin banyak aja destinasi wisata di karanganyar, ya. Masing2nya juga terkenal sih, sekarang. Menandakan dikelola dan dipromokan dengan baik.

    BalasHapus
  2. Iya dulu Ndoro Dongker yang hits selain Resto Kemuning. Aku pertama kali ngeteh Krampul di Resto Kemuning, langsung jatuh cinta dengan rasa teh yang sepet manis. Tapi aku minta tambah air putih dikit sih . Dan makanannya juga lebih murah dibanding sebelahnya. Yang paling nikmat makan di outdoor nya, sambil menatap pucuk daun teh. Ya Allah makan jadi nambah nikmat ya Mba

    BalasHapus
  3. Wah pengin ke sini ah kapan-kapan. Aku taunya cuma Tawangmangu, itupun ke sana waktu masih sekolah SMA, sudah 20 th yang lalu hahaha. Makanannya menggoda banget, pengin nyomot. Harganya cukup murah ya, gak sampai 500 rb untuk ber 16 orang.

    BalasHapus
  4. Wow, resto Kemuning ini all in one yach semua ada. Lengkap ga cuma manjain perut aja tetapi disertai fasilitas penunjangnya. Bisa berenang gratis asyik nih anak2 pasti happy. Keliling kebun teh naik kuda cuma 25K murah yaaaa. Itu ayam kampung dan menu2 lainnya menggelora jiwa raga hihihi muraaah pula berenam belas orang bayarnya hanya 425K, namanya kenyang bahagia :D

    BalasHapus
  5. Lengkaaappp bgt ini mahh

    Duh kapan ya akoohh bisa ke sini.
    Seruuu klo bisa ama kluarga ya mbaaa

    semoga ada rezekinya. Aamiimnm

    BalasHapus
  6. Haaah !Aku sampe bolak balik ngecek, 16 orang bayar cuman 425 ribu jadi satu orang cuman kena 25 ribu - 26 ribuan yaaa!

    kalo di Jakarta de es ka te kayak gitu dapatnya cuman buat maem 5 - 6 orang!

    BalasHapus
  7. Mantap nih...river tubing yang patut dicoba ketika ke Karanganyar, Jawa Tengah. Dan jangan lupa makan di Resto Kemuning dengan sajian masakan rumah. Porsinya mantap jiwa yaa.. Banyak dan pasti mengenyangkan.

    BalasHapus
  8. lele gorengnya menggoda bangetttt dan harganya juga terjangkau :D pengen mampir kesana

    BalasHapus
  9. Aku ke Karanganyar beberapa tahun silam, ke Tawangmangu, Candi Sukuh, Candi Cetho...Kini ada Kemuning. Terbayang makan di tengah perkebunan teh..ada kolam renang dan harga makanan terjangkau. Mantaap!

    BalasHapus
  10. Sejak lulus kuliah daku belum pernah ke Kra dan TW. Padahal dulu jajahane ya mak hahaha.. sikit2 acara kampus ke TW. Naik bus Rukun Sayur... aiih malah jadi nostalgia. Mudah2an suatu hari pas mudik bisa ke Kra and TW.. Ale pengen cobain paralayang.

    BalasHapus
  11. setuju sekarang udah makin berkembang banget! dulu langganan bgt ke ndoro donker pas masih awal, sepi dan bisa nikmatin bgt. skrg makin luas oke juga. tempat2 wisata ,acam resto kemuning makin banyak jg. jd kayak ga bakal kehabisan tempat tujuan di sana ya

    BalasHapus
  12. setuju sekarang udah makin berkembang banget! dulu langganan bgt ke ndoro donker pas masih awal, sepi dan bisa nikmatin bgt. skrg makin luas oke juga. tempat2 wisata ,acam resto kemuning makin banyak jg. jd kayak ga bakal kehabisan tempat tujuan di sana ya

    BalasHapus
  13. aje gilee 425rb 16 orang...murah sekali...btw fasilitasnya keren sih ada kolam renang free pula..cocok nih bisa buat rekomendasi kalau main ke karang anyar..

    BalasHapus
  14. ini yang bikin ngiler duluan sih lihat menu makanan yang begitu menggoda sekali ya mbak, apalagi kalau harganya masih ramah kantong ya. Selain itu didukung juga dengan berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan disana ya, kalau aku sih setuju banget ini gak nolak nyebut di kolam renang, apalagi anak-anak mana bisa? hahahaa

    BalasHapus
  15. Messagefromaleaf12 Agustus 2022 08.55

    Foto-fotonya bagus mba, sempat gagal fokus dengan paralayang yang ada di foto kebun teh 😊 seru banget liburannya.

    BalasHapus
  16. Karang Anyar makin lengkap ya mbak, smoga next bisa mlimpir lagi ke Karang Anyar... Aamiin, musti mampir ke Resto kemuning, ngiler aku liat menu makanannya 😉

    BalasHapus
  17. Kayaknya yang paling asyik buat anak-anak adalah nyemplung di kolam renang dan naik kuda keliling ya, Mbak Yeni? 😃

    BalasHapus
  18. Sering dengar deh mba daerah Karanganyar tapi aku kayaknya belum sempet mampir nih. Restonya oke juga niih mba

    BalasHapus
  19. Lengkap banget ini restorannya mbak ada wahana rekreasi juga. Jadinya sekali dayung dua tiga pulau terlampau yaa

    BalasHapus
  20. Senang banget ya, mbak. Destinasi yang bisa dinikmati sangat banyak pilihannya. Kalau ke sana kayaknya Explore Kemuning pakai Jeep bakal menarik nih. Menantang. Capek abis eksplore langsung nikmati kulinernya yang menggoda banget

    BalasHapus
  21. Seru banget deh mbak di resto Kemuning ini. Ini ceritanya, makan dan bergembira bersama keluarga. Nggak cuma untuk anak-anak, tapi juga yang dewasa ikut senang.

    BalasHapus
  22. Kalau ingat karanganyar jadi inget sama Mbak Arinta 😁
    Saya tuh belum pernah ke Karanganyar kayaknya Bun, termasuk wisata legendaris Grojogan Sewu. Pengen euy bisa melipir ke pegunungan tinggi gitu

    BalasHapus
  23. Seneng banget baca family travelingnya Mba Yeni dan keluarga. Seru ... Masyaallah. Resto Kemuning ini banyak banget fasilitasnya ya, ramah anak pula. Kalau wisata Karang Anyar, saya tahunya Ndoro Donker aja. Ternyata ada Resto Kemuning yang rekomended banget. Makanannya juga menggoda, harganya bersahabat banget ya, Mba

    BalasHapus
  24. Resto Kemuning ini lengkap banget yah. Ada macem-macem sampai river tubing juga ada. Aku pernah nyoba nyetir ATV ternyata berat banget wkwkwk. Duh jadi pengen ke Karanganyar juga mba Yen..

    BalasHapus
  25. Murah banget cuma 425k untuk 16 orang. Aku baru tadi makan di resto di Bekasi 6 orang kena 600k an, jauh banget bedanya

    BalasHapus
  26. Wah, ternyata Karang Anyar ada wisata sebagus ini
    Ngiler sama kulinernya
    Beneran murah mbak, 425 ribu untuk 16 orang

    BalasHapus
  27. Liat makanannya di resto jadi kangen deh makanan2 ala jawa gini, mana pake urap dan ayam kampung goreng lagi, sedapp

    BalasHapus
  28. Masya Allah sebagus ini yah Karanganyar. Wisatanya maju!
    aku biasa cuma numpang lewat kalau mudik ke arah Jatim.
    btw, itu di resto ada kolam renang yaa bakalan lama di sana, hahaha ... berarti ke resto perlu bawa baju ganti yak

    BalasHapus
  29. Karanganyar paket komplit banget ya, wisata alamnya juga banyak
    aku ngeliat foto foto river tubingnya jadi pengen,seru banget itu
    dan resto Kemuning juga termasuk lengkap, kayaknya baru ini ada resto yang ada kolam renangnya, anak anak bisa betah ya

    BalasHapus
  30. Ah seru kali mbak trip di alam sambil keliling pakai motor jip, ditambah menikmato ikan bakaran ditengah hawa dingin bediding

    BalasHapus
  31. Duh kak...menggoda banget ini restonya..paket komplit bangeettt... sekali dayung banyak pulau terlampaui ya kak... paling suka sama kebun teh nya nih kak.. mata seger.. pikiran juga auto fresh ini

    BalasHapus
  32. Menu lengkap, harga murah, dan pemandangannya kece sekali. Bisa main air sepuasnya. Jenis liburan yang paling menyenangkan

    BalasHapus
  33. Ya, ampun beneran tempat libur keluarga yang asyik banget ya. Makan ,menikmati permainan alam, pemandangan indah. Aku suka

    BalasHapus
  34. Udah lama gak ke Solo dan benar Karanganyar sekarang makin maju. Pengen deh bisa mampir ke sini kalau ziarah ke makam almarhumah nenek

    BalasHapus