Serba serbi kisah Nyata Haji Furuddo dan Haji Reguler, Harapan dan Impian Anniversary ke 15 tahun

Morninggg....
Selamat Hari Raya Idhul Adha bagi umat muslim semua 🤲🤲...

Spesial for me Happy Anniversary 🥰🥰
" 10 Dzulhijjah 1428 H - 10 Dzulhijjah 1443 H"
Tepat di kisaran Pukul 09.00 - 10.00 WIB 15 tahun lalu suami mengucapkan Ijab Khabul.


Masya Allah tabarakallah 15 tahun kami mengarungi bahtera rumah tangga, jadi teringat 15 tahun lalu kami menikah bertepatan dengan Hari Raya Idhul Adha di tahun 2007 (kalender nasional 20 Desember 2007). 

Antara memutuskan menikah sampai hari H hanya 1.5 bulan saja, kekeh mau pas Idhul Adha karena moment sakral di mana seluruh dunia bertakbir dan suami mengikrarkan janji suci pernikahan.

Pernikahan kami dahulu serba simple tidak pakai adat apapun padahal Solo terkenal dengan adat jawanya. Semua saya handle akad dan resepsi langsung di Gedung RM Nikmat Rasa di mana disana itu tempatnya nyaman tapi murah meriah makanan enak. 

Bebas sewa gedung hanya bayar makanan saja sudah free dekorasi. Tidak pakai baju adat semua pakai busana nuansa putih rapi, sayapun make up sendiri, baju  bikin sendiri sederhana tapi bisa di gunakan di kemudian hari, suami pakai baju koko dimana sampai sekarang juga masih cukup. 

Mahar hanya salah satu ayat Al-Qur'an QS Al-Hajj 77-78 karena pedoman saya meringankan mahar semoga cita cita kami berrumah tangga bahagia dunia akhirat tercapai cita cita kami 🤲🤲🤲.

Singkat cerita di usia pernikahan yang ke 15 tahun ini semoga Allah wujudkan cita-cita kami Anniversary di tanah suci. Memang kami sudah mendaftar haji itungan sebelum pandemi 7 tahun lagi berangkat sekarang belum cek lagi di pastikan mundur.

Membaca sharing teman-teman di group whatapp Belajar Traveling (BBT) 8 Juli 2022 H-1 sebelum lebaran membuat saya pribadi sadar harus berani bermimpi bisa Haji Furudo atau bisa Haji Secepatnya kalau bisa jangan menunggu antrian yang panjang.

Saya tersadar bahwa cita-cita saya Umroh fasilitas bintang 5  diijabah Allah hanya dengan 12jt/org kenapa TIDAK BERANI BERMIMPI BISA HAJI FURUDO?

Mengingat sebelum pandemi antrian kami 7 tahun lagi, wallahualam yang terbaru kami belum cek lagi mundur berapa tahun.

Atas seijin teman-teman saya copas tulisan di group wa...

Mbak Elis Pengalaman Haji Furuddo Oktober 2011

Sudah 7th sejak menikah jadi kontraktor (ngontrak terus) , tidak punya mobil, tidak punya motor 1, yg 1 dr PT (kantor suami). 
Tapi memang memiliki tekad haji dulu.

Sepulang sy bekam beberapa tahun lalu di BRC (Berkah Ruqiah Center), membaca flyer *HAJİ BERANGKAT TAHUN İNİ* 

Saya  bawa pulang flyer tersebut kemudian saya tunjukan ke suami "Daftar yuu" 

Eh doski mengaminkan, padahal tau gak punya uang juga 😬.

Daftar April, cuman punya uang 11jt tok, sisa² gaji suami.

So pede aja daftar 

Tiba² agustus di telp harus lunasi 😂
Pas Ramadhan.

Şaya kan dagang busana muslim
Dan modal muter banget pas bulan Ramadhan, 

Tp memang Alloh yg menskenariokan sangat indah, 
Kok bisa aja sy lunasi tapi dagang tetap jalan 

Hadzaa min fadhli Rabbiy.

Sempat di nyinyirin juga oleh orang - orang dan ada keluarga juga bilang.

_"Rumah masih ngontrak aja, daftar haji.. haji plus lagi!"_ 😁😂

Mbak Elis dan Suami memang sudah bertekad dan ikhtiar, masalah hasil tinggal serahkan aja sama yg punya Baitulloh.

Dan Mashya Alloh Tabarakalloh Allohu Akbar, selepas hajian kami punya rumah dan kendaraan. 
Malah Alloh kasih bonus rumah nya 2 dengan cash tanpa cicilan. Hadiah nya lagi saya hamil setelah 6th berikhtiar karena selama disana doa kami sama dihadapan Alloh

1. İngin memiliki rumah dg cara yg halal
2. İngin memilik kendaraan untuk keluarga
3. İngin punya anak (yg ke 3) 

1 tahun kemudian doa² itu terwujud semua 

ALLOHU AKBAR

Benar² sesuai doa
Allohummaj'al haajjan mabruuran wa dzamban maghfuuran wa *TİJAAROTAN LAN TABUURON* 
Benar² tidak ada perniagaan yg rugi karena haji.

Persiapan Mbak Elis sebelum berangkat

Haji Furuddo itu undangan sehingga visa yang keluar mepet hari dimana puncak ibadah haji, belum tentu yang mendaftar 100% Visa keluar. Mbak Elis  Visa keluar H-4 jadwal terbang. Pesawat yang Mbak Elis tumpangi bukan pesawat hajian akan tetapi pesawat komersial biasa 

Selama menunggu Visa keluar belum ada satupun tetangga yang tahu kalau kami mau berangkat haji, hanya Orang Tua yang tau, akan tetapi koper dan peralatan udah ready di pojokan kamar 😬.

Waktu itu mbak Elis dan suami sesimple ini berfikir "Jika berangkat berarti Alloh udah undang dan waktunya, jika TDK keluar visa nya, ya berarti memang belum waktunya".

Jadi hanya sebatas doa tersebut saja yg kami panjatkan, apapun keputusan Alloh manut.

Makanya tetap SİLENT MODE ON ke teman² dan tetangga.

Pengalaman di Tanah Suci 

Ada jemaah satu kloter dengan Mbak Elis, sudah berangkat, SUDAH DI MEKKAH TINGGAL 2 HARI LAGI MENUNGGU DI MINNA...

Eeeeh MAKSA PULANG KARENA ADA UNDANGAN FIT & PROPER TEST. Bakal Calon Kepala Daerah kala itu.

Ustadz pembimbing udah memberi nasihat dan tausiyah, untuk melepaskan urusan dunia. Krn saat ini kita akan dijamu Alloh..

Tetep dia ngotot pulang
Dengan ongkos sendiri

Mbak Elis dan Rombongan yg ngenessss saat itu, ngelus dada.

Dimana org jutaan berjuang ingin jadi tamu Nya dan di Panggil , ini malah udah DTG balik lagi

Masya Allah tabarakallah ya saya serasa ikut bergetar brebes milli membaca kisah Mbak Elis tekad niat doa2nya akhirnya Allah permudah berhaji Furuddo tanpa antri. 

Mbak Elis menggunakan BRC (Berkah Ruqyah Center) yang ternyata konsorsiumnya ke spidest International. Semuaa yang Mbak Elis dapatkan terbaik, bagus dan puas.

Pengalaman Haji Furuddo Mbak Yulia 2017

Masya Allah tabarakallah Allah beri Mbak Yulia kado pernikahan yang ke 15 th di usia ke 40 tahun bisa berhaji Furuddo.

Tahun - tahun berat sebelum berhaji di alami Mba Yulia dan Suami sekitar  2013-2015. Hanya bisa pasrah sepasrah pasrahnya yang bisa di lakukan. Berusaha ikhlas dan fokus ke kerjaan dan keluarga.

Mulai meminjam dana ke ortu buat bangun rumah. Alhamdulillah rumah laku di th 2016.

Waktu itu pernah share ke suami berapa lama jangka waktu haji reguler. Melihat antrian yang lama, Suami bilang  kakek nenek kita 😊.

Mbak Yulia sering share di fb berdoa semoga suatu saat berdua bisa ke Mekkah.

Eeeh Th 2017 kakak langsung telpon ada 2 quota kosong haji nih. Alhamdulillah pas ada dana juga, kaya udah disuruh sana pergi haji gitu 🤲🤲🤲. Lagi-lagi cobaan menyapa ketika mau mendaftar haji furuddo paspor suami hilang, Alhamdulillahnya ada kenalan untuk membuat baru dengan membuat laporan ke hilangan terlebih dahulu. Ternyata oh ternyata Paspor ditemukan diatas mesin fotocopy kantor 😢.

Alhamdulillah semua proses berhaji lancar, sehat semoga mabrur, mbak Yulia dan Suami menggunakan travel PT Madani Bina Bersama yang berlokasi di Tebet Barat.
Hotel yg dipake selalu depan dengan Ka’bah. Maktab di mina cuma bbrp ratus meter. Fasilitas hotel bintang 5. Insya Allah haji mengikuti sunnah rasulullah.
           Hotel Mekkah ketika breakfast

Pengalaman Mbak Anggi Tiba-tiba di Panggil Haji Reguler

Waktu mendaftar haji 2010 akhir, dari Kemenag bilang estimasi 9-10 thn lagi....
Alhamdulillah 2014,....
Mendapat kejutan dari Allah yang tidak terduga.
Awal thn dapet undangan buat ikutan manasik haji, eeehh bulan februari dikabarin nmr porsi mundur lagi lemesss 😢😢. Suami Mbak Anggi bilang nambah anak 1 lagi, dijawab sama mbak Anggi iyaa mau kalau jadi Haji di tahun tersebut.

Eeehhh 10 akhir ramadhan dapet telpon dari bsm atau depag(lupaa)...buat melunasi ONH ke BSM jadi (persiapan hanya 2 bulan). Kok seperti Saya dan Suami memutuskan menikah baru setelah Idhul Fitri dan menikah di Idhul Adha so persiapan tidak lama.

Yang membuat Amazing lagi jadwal haid Mbak Anggu tidak pernah telat, selalu di 25-28 hari kalender ..dan itu pas banget jadwal wukuf.....sedihlah kalo pas proses armina haid. 
Tidak minum primolut krn trauma pas umroh pertama kali, malah kacau jadwal haidnya....

Saking pengennya berhaji, Mbak Anggi 2x Umroh berdoa supaya segera dipanggil menunaikan Haji, umroh yang kedua kali lebih spesifik kembali doanya.

Masya Allah tabarakallah doanya diijabah 🤲🤲...


Pengalaman Mbak Susi Zonk Haji Furuddo Visa Tidak Keluar

Kejadian di tahun 2017 bikin sesak di dada, berkat desakan teman yang tidak di ragukan dan meyakinkan kalau fiks langsung berangkat tahun tersebut akhirnya saya dan suami mendaftar haji Furuddo otomatis memiliki 100% harapan berangkat.

Karena Mbak Susi dan Suami adalah ASN otomatis mengajukan cuti, berpamitan baik di kantor maupun kepada tetangga sekitar.

Ternyata oh ternyata Visa yang keluar di menit-menit terakhir penutupan keberangkatan haji adalah Visa Ziarah. Mungkin memang Allah belum memperbolehkan kami menjadi tamu-Nya, paspor Mbak Susi dan Suami tidak tau di bawa siapa. Teman mbak Susi dari luar jawa nekat berangkat dengan Visa Ziarah.

Ternyata kasian nasib yang menggunakan Visa Ziarah, sudah membayarnya mahal melebihi Onh Plus akan tetapi di sana seperti pencuri, mengendap-endap karena dianggap tidak sah. Ada yang di grebek polisi penginapannya karena menginap di Apartemen yang Illegal.

Semua ada hikmahnya Alhamdulillah selesai musim haji, uang Mbak Susi dan Suami di kembalikan full dan langsung mendaftar Haji ONH plus ke travel yang terpercaya.

Semoga tidak bosan ya teman - teman membaca kisah diatas. Sekalian yaa biar teman-teman paham jalur Haji di negara kita supaya sekali membaca di satu link blog ini.

Berangkat haji terbagi menjadi 3 cara :

1. Haji Reguler
Daftar melalui memenag dengan membayar 25jt langsung mendapatkan porsi haji. Biaya lebih murah karena mendapatkan subsidi dari optimalisasi dana haji, dana efisiensi dan sebagian APBN/APBD jika dibutuhkan. Setelah daftar, Nanti akan dapat nomer seat, dengan waktu tunggu 10-45 tahun. Bahkan untuk Jakarta, waktu tunggu nya 65 tahun. 

Untuk 2022 ini haji reguler total 39 juta sehingga tinggal membayar 14 juta lagi setelah di potong setoran awal 25 juta.

2. Haji Plus

Ini adalah Haji percepatan. Menggunakan kuota resmi dari pemerintah, seperti Haji reguler. Tapi waktu tunggu nya lebih singkat, sekitar 6-7 tahun. Biayanya sekitar USD 9.000

Saat mendaftar, bayar 50% dari total biaya untuk mendapatkan nomer seat keberangkatan. Saat mau berangkat, barulah dilunasi. 

Kenapa mahal? 
Karena biaya visanya 4x lebih mahal dibanding visa haji reguler biasa. Fasilitas penginapan dan makannya pun beda. Hotelnya berada dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Di Mina pun, hotelnya berbeda dengan Haji Reguler. Tapi waktunya lebih singkat, hanya 25 hari.

3. Haji Furuddo
Ini adalah Haji Istimewa, karena pakai jalur undangan langsung dari Kerajaan Arab Saudi. Tidak pakai kuota pemerintah.
 Punya uang sekarang, berangkatnya pun tahun ini juga.

Biayanya sekitar USD 15.500 - 16.000. Kisaran 250- 350 juta bahkan ada yg mencapai 500 juta.

Karena jalur Undangan, maka sangat bergantung pada jumlah undangan yang dikeluarkan oleh pemerintah Saudi di tahun itu. 

Makanya, urusan Visa menjadi hal yang sangat mendebarkan dalam proses Haji Furoda. Karena diterbitkannya di last minute.

Ada beberapa kali kisah tentang Jamaah Furoda yang tertolak masuk ke Arab Saudi, karena visa mereka bermasalah. Termasuk kisah di tahun ini, ada 46 jamaah Indonesia yang tertolak, padahal sudah sampai di bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Mereka diberangkatkan oleh travel yang tidak terdaftar resmi di Kementrian Agama, sehingga data jamaah nya tidak sinkron dengan yang terlapor di Kerajaan Saudi. 

Karena mereka mengantongi visa Malaysia dan Singapura, dan bukannya Indonesia.

Besar kemungkinan, kuota undangan untuk Indonesia sudah habis, makanya travel mengalihkan ke jalur Undangan yang didapat oleh Malaysia dan Singapura.

Di tahun 2022 ini ada yang berangkat Haji Furuddo suami istri total 700 juta.

Bismillah Doa yang kenceng semoga Saya dan Suami bisa segera merayakan  Anniversary di tanah suci secepatnya lewat jalur mana saja, Doa yg sama buat teman-teman semua yang kangen bisa ber haji yaa 🤲🤲🤲.


 Alhamdulillah baju nikah saya dan suami masih muat menandakan BB tidak naik drastis 🤲🤲🤩

NB:
Ada tulisan viral di mana di tulis oleh jemaah furuddo yang saat tulisan ini di tulis beliau menulis masih berada di tanah suci. Intinya beliau ber Haji Furuddo akan tetapi fasilitas seperti backpaker alias mandiri. (Fiks salah memilih travel)

Pendapat saya pribadi ibadah di tanah suci itu kembali ke pribadi masing2. Banyak yg mendapat fasilitas bintang 5 tapi tidak bisa merasakannya.

Untuk bisa mengecek Travel yg recomended bisa cek disini https://simpu.kemenag.go.id/home/pihk 


Posting Komentar

68 Komentar

  1. BarokAllah ya mbaa utk pernikahannya semoga selalu sakinah mawaddah wa rohmah


    Wah iyaa, aku baca prngalaman furoddah yang kasian bgt ituuu

    Semoga Allah ganti dgn kebaikan2 utk beliau dan kita semua.

    BalasHapus
  2. Happy Anniversary Mbak Yeni dan suami, semoga sakinah mawaddah warahmah, sebumi sesurga-Nya. Aamiin.
    Semoga dimudahkan doa dan harapannya. Segera beribadah haji lewat jalan yang terbaik ya
    Senang baca sharing seputar Haji Furudo ini. Jadi tahu dari sumber yang lain karena yang di FB yang viral memang masih dari satu info saja, ternyataaa ya..

    BalasHapus
  3. Masya Allah, happy anniversary yaa mbak, semoga selalu dalam berkah Allah, aamiin. Ya aku pun baca tuh yang pengalaman haji Furoda itu, semoga Allah mudahkan kita semua untuk bisa berhaji, aamiin.

    BalasHapus
  4. Happy anniversary maaaak.... sakinah mawadah warrohmah, semoga keluarga bp Ronggo dan mak Yen makin banyak menebar manfaat ya maaak.. dan juga diberkahi rencana berhajinya Mak... Amiiiin.

    BalasHapus
  5. Happy Wedding Anniversary ya mba, semoga menjadi keluarga yang samawa dan bisa selamanya hingga ke jannahnya Allah nanti aamiin

    BalasHapus
  6. Masya Allah, inspiratif sekali. Haji furodda ini memang disebutnya ONH plus plus hajinya sultan, bahkan di dalamnya ada kategori lagi, termasuk tamu undangan Arab Saudi seperti keluarga Ridwan Kamil dan Ma'aruf Amin

    BalasHapus
  7. Tambah berkah pernikahannya dan semoga segera ada panggilan ya, Mbak. Cerita soal Haji memang macam-macam. Kalau udah dipanggil, mau lewat apa pun bisa

    BalasHapus
  8. MaSyaAllah terharu banget mba,happy anniversary yaa seru banget baca perjalanan hidupnya😍

    BalasHapus
  9. Iya lagi rame bahasan Haji Furuddo ya, Mbak. Saya pun menyimpan keinginan supaya bisa beribadah haji. Pengennya sama suami dan anak-anak. InsyaAllah keinginan kita semua untuk berhaji dimudahkan dan dimampukan oleh Allah SWT. Aamiin Allahumma aamiin

    BalasHapus
  10. Masya Allah pernikahan saat tanggal 10 Dzulhijah, jadi doanya bersamaan dengan hari melontar jumroh di Mina. Barakallah mbak, semoga samawa dan diberikan kenikmatan bisa segera menunaikan ibadah haji bersama suami.

    Wah tahun 2014 berangkat haji reguler ya temannya, barengan dengan saya. Tahun itu sama dengan tahun 2022 ini, pelunasannya 14 juta kurang dikit. Dulu aku nabung haji di Mandiri, jaman belum ada bank syariah, buka tabungan haji tahun 2006 dan bisa dapat nomer porsi tahun 2010. Alhamdulillah berangkat haji tahun 2014, kaget juga waktu tahu nunggu antrian 4 tahun. Sekarang malah puluhan tahun, semoga calon jemaah haji diberikan kesabaran dan kesehatan dalam proses penantian ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbaa memang sengaja pilih hari dimana jutaan umat muslim bertakbir, antrian haji sekarang ngeri mbaa antrian saya mundur lg 10 tahun 😭

      Hapus
    2. Biasanya kalau antrian haji 10 tahun lagi ada kemungkinan terus maju kan yaa.. Mengingat tahun ini ada aturan baru lagi kalau yang usia di atas 65 tahun gak diperbolehkan berhaji.
      Sepertinya bisa lebih cepat yaa..

      Hapus
  11. Ya Allah
    Semoga saya dimudahkan haji juga bersama suami dan anak anak
    Meski usia sudah tidak memungkinkan untuk Haji Reguler, kami berharap bisa haji Plus atau Furoda...

    BalasHapus
  12. Happy annivers ya mba. Semoga kita semua bisa dimudahkan ya ibadah haji, mengingat lama banget antriannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mb Lintang makasih yaaa doa yg sama buat mb lintang

      Hapus
  13. Mbaaaakk aku iri sekali kenapa tuuh bisa umroh dapatnya muraah? Haha ntar aku klik dan baca, kali ketularan :D :P
    Tentang haji Furoddah bismillah itu juga niatku mbak aku selalu minta itu kalau doa kalau gak minta Allah berangkatkan dari negeri yg minoritas muslim, gak tahu kyk apaan, pokoknya doa minta dikasi skenario terbaik, pengennya naik haji sebelum mati huhu
    Semoga bisa aamiin
    Senang baca kisah2 teman2nya mbak
    Menyesalkan yang cerita paling awal, emang urusan dunia menggoda yaaa, tapi kepoh akhirnya gmn dianya kepilih jd pejabat gak #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga diberi kemudahan juga ya maaakk 🤲🤲🤲 doa yg kencengg

      Hapus
  14. masya Allah ... terima kasih mbak Yeni sudah merangkum kisah teman-teman yang haji. Begitu ya, tak ada yang tak mungkin jika Allah sudah berkehendak. Ya Allah, saya dan suami mau dimudahkan ibadah haji segera. Aamiin.

    BalasHapus
  15. Barakallah atas ultah nikahnya ya mba, 15 tahun bukan waktu yang sebentar dalam menjalani rumah tangga. Pengen deh sewaktu2 saya bisa naik haji melalui jalur haji plus, doa yg kenceng aja deh hehe

    BalasHapus
  16. Happy Anniversary, Mbak Yeni dan suami. Semoga sakinah mawaddah warahmah. Aamiin.
    Baju pengantinnya masih muat, jadi bisa dipakai lagi ya di perayaan.
    Kalau saya bukannya ga muat, tapi desain bajunya udah gak sesuai. Karena dulu pas nikahan pakai kebaya, belum berhijab :D
    Tau sendiri kan kebaya, desainnya langsing, ketat pula. Masih pas sih di badan, pertanda aku juga awet langsingnya haha

    Terima kasih sudah berbagi cerita tentang haji Furuddo nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbaa rien doa yg sama buat mb Rien sekeluarga 🤲🤲

      Hapus
  17. Barakallah Mba Yeni dan Suami atas anniversary nya. Semoga makin langgeng dan sakinah, mawaddah wa rohmah. Cerita hajinya juga sangat menarik.

    BalasHapus
  18. Masya Allah... Selamat ulang tahun pernikahan ya mbak... Semoga samara selalu... Langgeng dunia akhirat. Baarakallah fiikum. Aamiin... Btw, ulasan tentang haji yg luar biasa... Semoga bisa melaksanakan ibadah haji. Aamiin

    BalasHapus
  19. Pernikahan itu konsepnya memang kudunya sederhana aja ya, duitnya disimpan buat perjalanan sesudah menikah. Entah beli rumah, dll. Bukan jor-joran di pesta seperti umumnya. Selamat hari ulang tahun pernikahan, semoga tercapai impiannya untuk ke tanah suci

    BalasHapus
  20. Happy anniversary mba, akhirnya bisa ke tanah suci bersama pasangan. Baca ini jadi pingin banget bisa haji plus bareng ibuku, bismillah bisa suatu saat nanti, aamiin

    BalasHapus
  21. Aku merinding baca cerita pengalaman berhaji ini
    Memang hanya Allah yang punya kuasa memanggil siapa yang jadi tamunya ya mbak
    Btw HEPI anniversary ya mbak
    Langgeng terus

    BalasHapus
  22. Pas banget ya momen Idul Adha yang dipilih untuk hari ijab kabul, kalau aku cuma bulannya aja tapi gak di hari H. Unik & jarang ini pastinya tapi jadi mudah diingat.
    Hebat malah ini mengutamakan dulu ibadah haji, gak maslaah dinyinyirin orang yang penting sudah niat ta dan Insya Allah selalu dimudahkan oleh Allah. Smeog ambak juga dimudahkan nanti ya & semoga bisa lebih cepat lagi dai jadwal awal untuk pergi hajinya

    BalasHapus
  23. Masha Allah mbaa luar biasa setiap proses hidup ini ya, doa-doa yang di ijabah sesuai yang kita harapkan. Semoga aku juga bisa dapat panggilan haji, Amiiin Ya Rabbal Alamiin

    BalasHapus
  24. masya Allah ikutan seneng membaca kisah perjalanan hajinya mb Gusti. Aku juga masih berdoa terus nih mbak untuk diperjalanakan haji ke Baitullah dalam waktu cepat. semoga segera berhaji insya Allah ada jalannya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaak sitii gak baca detil yaa, saya belum haji lho mbaa, saya bercerita ttg pengalaman teman2 saya, kalau umroh Insya Allah sudah

      Hapus
  25. Barakallahu fiikum, kak Gusti.
    Aku percaya banget.. bahwa menunaikan ibadah haji dan umroh itu murni karena panggilan Allaah.. Gak bisa hanya mengandalkan kemampuan dari segi finansial aja.

    Jadi sangat bersyukur sekali bila dipanggil saat keadaan masih sehat dan usia muda.

    Selamat Merayakan Anniversary ke 15 tahun, kak Gusti dan suami.
    Semoga Allaah limpahkan lebih banyak kemuliaan dan keberkahan untuk keluarga kak Gusti. Aamiin~

    BalasHapus
  26. Happy anniversary mbak . Samawa selalu yaa. Sebelum pandemi jadwal berangkat saya harusnya tahun ini. Sekarang jadi mundur lagi entah sampai kapan.

    Sahabat baik saya bersama rombongannya gagal berangkat haji furodda tahun ini. Padahal dah sampai bandara Soekarno Hatta. Setelah beberapa hari menginap di hotel bandara akhirnya harus kembali ke daerah lagi. Sempat Saya samperin pas di hotel bandara. Sayangnya belum bisa berangkat tahun ini

    BalasHapus
  27. Biaya haji furuddo lebih ke pengurusan visanya ya yg bikin mahal. Kalau masalah fasilitasnya, itu balik lagi gimana kesepakatan dengan travel agentnya.

    Baca ini jadi rindu luar biasa pada Baitullah, pengin juga segera dipanggil ke sana. Entah itu umroh duluan atau bisa haji sesegera mungkin. Kita saling mendoakan ya mba. Semoga diijabah dalam waktu tak terlalu lama oleh Allah. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin 3x saling mendoakan ya mba

      Hapus
    2. Aamiin...Saya juga pengin umroh dulu sebelum berhaji yang tinggal beberapa tahu lagi mbak kalau ada rejeki.

      Hapus
  28. Selamat ya mbak, untuk ulang tahun pernikahannya. Semoga diijabah segala doa. Melihat antrian haji yang sungguh luar biasa, sepertinya haji furoda ini bisa jadi salah satu solusinya
    Meskipun harus tetap meyakini haji itu adalah rejeki dan ketetuan Allah. Kita tidak bisa memilih...

    BalasHapus
  29. Happy anniversary ya, mbak.. Semoga sakinnah mawaddah warrohmah sampai kakek nenek, dan segera terpenuhi segala doanya

    BalasHapus
  30. Saya baru tau lho Mbak kalau berhaji ada 3 jalur. Saya pikir cuma pakai reguler dan plus saja. Ternyata ada istilah haji furuddo juga ya. Jadi tertarik lebih lanjut tau bagaimana cara supaya dapat slot haji furuddo.

    BalasHapus
  31. Baca cerita keberangkatan haji orang-orang tu bikin hari. Kadang ada yang tiba-tiba mendapat undangan dengan cara yang nggak diduga-duga. Itulah kenapa, naik haji bukan tentang punya uang banyak atau nggak. Tapi tentang kita diundang atau nggak. Hmm... Bismillah.

    BalasHapus
  32. Aamiin...
    Tamu Allah memang tidak sembarangan. Hanya orang-orang terpilih yang bisa menghadap Nya. Apapun jalan dan bagaimana pun caranya

    BalasHapus
  33. MashaAllah merinding bacanya mbak...bener2 semua ini adalah ketetapan Allah ya...semoga kita semua termasuk golongan yang diberikan kemudahan oleh Allah dan dibukakan pintu untuk datang ke rumah Allah dengan mudah dan lancar..aamiin.

    BalasHapus
  34. wah aku baru tahu mbak setelah membaca tulisan ini ternyata ada jalur naik haji lebih cepat lagi lewat jalur undangan tapi biayanya bisa seharga satu rumah :( syukurlah diberikan rejeki ya buat ke tanah suci.

    BalasHapus
  35. alhamdulilah impian untuk merayakan anniversary di Tanah suci terwujud ya mbak. udah bisa ngebayangin gimana happynya perasaan mbak Yeni saat itu
    dan sekarang bisa dirayain di Lombok ya
    semoga sekeluarga diberi kesehatan biar bisa jalan jalan terus

    BalasHapus
  36. MasyaAllah, baca ini tuh jadi kayak diyakini: Allah itu gampang banget kalau mau kun fayakun. Makasih banyak ya Mbak cerita-ceritanya. Aku baca tulisan ini pelan-pelan banget, meresapi gimana Allah itu benar-benar dekat pertolongannya.

    BalasHapus
  37. Aku sendiri jadi inget kalau ibu mertuaku gagal 2x naik haji reguler karena masalah pandemi dan kuota. Harusnya tahun ini berangkat udah vaksin lengkap ehh masya Allah belum berjodoh lagi. Insya Allah semoga tahun depan bisa. Aku juga sangat merindukan menjejakkan kaki di bumi para nabi. Semoga bisa lekas ke sana lewat jalur mana saja ya mbak. Semoga dimudahkan dan disegerakan. Aamiin.

    BalasHapus
  38. Kalau sudah rejekinya memang gak bisa terhalang apapun ya.
    Karena memang sudah ditetapkan dari-NYA.
    Barakallahu untuk mbak Gusti. Semoga daku pun bisa beribadah ke tanah suci, aamiin

    BalasHapus
  39. Wah happy anniversary ya mbak
    Semoga selalu harmonis dan samawa
    Semua keinginannya terkabul

    BalasHapus
  40. MasyaAllah keren banget ih mbaa, aku jg mauuu. semoga dimampukan dan disegerakan seperti mba gusti, aamiin!

    BalasHapus
  41. MasyaAllah.. Samara Until Jannah ya mbak. Saya dan Suami pun pengen juga pergi ke tanah suci. Semoga saja Allah segera ijabah.

    BalasHapus
  42. Masya Allah, Barakallah. Selamat atas perjalanan 15 tahun pernikahan. Semoga berkah selalu rumah tangganya. Semoga kita semua bisa dapat kesempatan yang sama ya untuk mengunjungi baitullah suatu hari nanti. Aamiin.

    BalasHapus
  43. Ma Syaa Allah, semakin ingin berhaji atau umroh ini. semoga ya disegerakan. jujur, aku belum punya rumah tapi ingin sekali umroh...

    BalasHapus
  44. baca kisah-kisahnya, memang ya haji itu panggilan. semoga kita semua dimudahkan untuk berkunjung ke rumahNya :)

    BalasHapus
  45. Masya Allah aamiin berkah ..

    Jadi ikut deg degan...kita saling mendoakan y mbak semoga allah memberi usia dan rezeki dan memampukan kita jadi tamu allah.

    BalasHapus
  46. Kalau sudah waktunya bisa datang ke tanah suci pasti ada aja jalannya mba

    BalasHapus
  47. Happy anniversarry moga samawa dan bisa naik haji bersama keluarga aamiin

    BalasHapus
  48. Masyaallah, Mbak. Happy aniversary, Mbak. Semoga samaraba (sakinah, mawadah, wa rohmah, barakah) selamanya. Allahumma ballighnaa ziyarotal makkah wal madinah, ya Allah... aamiin

    BalasHapus