"Library@Orchard Singapore" Destinasi Nyaman Bagi Yang Hobby Membaca

Pagiii semuaaa...
Selamat berlibur...
Kali ini saya sedikit mengulas tentang salah satu destinasi yang kami kunjungi di Singapore 28 Mey - 1 Juni 2022 Singapore - Batam- Jakarta kemarin.

Bagi pecinta buku atau gemar membaca mungkin destinasi ini bakal menjadi destinasi favourite. 

Jreng jreng bukan toko buku ya tapi perpustakaan. Perpustakaan ini berada di salah satu mall terkenal di Singapura tepatnya berada di Orchard Gateway Lantai 3 dan 4. Perpustakaan ini memiliki desain yang unik, nyaman di jamin bakalan betah mager disini.

LIBRARY@ORCHARD

Orchard terkenal dengan pusat perbelanjaan mewah dan tempat nongkrong di Singapore, melihat Orchard dari dekat mengingatkan saya dengan simpang tersibuk di Tokyo Jepang yaitu Shibuya Crossing. Sama - sama rame, orang - orang pada menyebrang jalan.

Nah di Orchard ini ada perpustakaan yang modern, nyaman, instagramable dan tenang. Perpustakaan yang berada di salah satu mall di Orchard, jadi setelah jalan-jalan belanja  makan bisa mlipir ke perpustakaan tambah ilmu sekalian rehat dan nge-charge Hp.

                    Library@ Orchard
Kebetulan kami datang ketika weekend sabtu dan minggu sehingga ramai banget wilayah Orchard, untuk masalah penggunaan masker kalau di luar ruangan ada yang pakai masker ada yang lepas masker akan tetapi ketika di dalam bus / kereta / mall wajib pakai masker.



 Singapore memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia, terbukti juga banyak penduduk Indonesia yang menuntut ilmu di Singapore.

Negara yang maju dalam hal pendidikan biasanya taklepas dari minat baca penduduknya yang tinggi, sehingga banyak di sediakan perpustakaan umum yang GRATIS dan nyaman. 

Perpustakaan yang disediakan di Singapore rata-rata ramai pengunjungnya, sehingga pemerintah menyediakan perpustakaan yang nyaman, modern dan lengkap koleksi bukunya.

Library@Orchard ini berdiri pada Oktober 2014 di Orchard Gateway berdekatan dengan mall 313 Somerset.

Koleksi buku disini ada sekitar 100 ribuan buku termasuk buku fiksi, nok fiksi, majalah, koran, digital serta materi audio visual dalam empaf bahasa.

Si kakak kekeh pengen melihat buku tentang komik dan manga di Library@Orchard jadi tu anak sangat antusias.
Memasuki salah satu mall kami langsung menuju lantai 2 tepat di depan lift sudah terpampang pintu masuk Orchard Library dimana tidak ada penjaga sehingga langsung masuk saja. 
Begitu memasuki perpustakaan, sebelah kanan kita di perlihatkan hasil karya lukisan - lukisan pengunjung dan hasil karya seni lainnya.
Masuk ke dalam kita akan melihat berjejer  meja kursi komplit dengan colokan charger, masuk lagi terlihat rak dengan model meliuk liuk cakep sangat instagramable (haeyahh dasar emak ya). 
Terdapat tangga di rak buku yang bisa di geser tanpa menimbulkan bunyi untuk mengambil buku yang berada di atas.
Perpustakaan ini terdiri dari 2 lantai, selain buku tersedia juga tempat duduk santai menghadap pemandangan Orchard Road, tempat lesehan bisa digunakan untuk membaca maaupun mengerjakan tugas dengan menggunakan laptop, Free Wifii, bisa numpang ngecharge juga disini pokoknya nyaman banget ngeet bisa nebeng slonjoran selepas belanja belinji di Orchard. 
        Berfoto di tangga menuju lantai 2

 Nyaman banget kan duduk di salah satu kursi sambil.membaca melihat view Orchard 

Menuju lantai 2 di perpustakaan dimana di bagian pinggir terdapat meja kursi santai buat mambaca, nyaman banget ya disini bisa fokus mengerjakan sesuatu tanpa gangguan.

Orchard Librabry menyatu dengan mall dimana selain jual baju, suvenir juga foodcourt.


ORCHARD LIBRARY
Buka Setiap hari pukul 11.00 am - 21.00 PM
Mrt terdekat MRT somerset

Sebetulnya sejak landing di Singapore kami mau melihat koleksi beberapa Perpustakaan Terbaik di Singapura selain Orachard Library, sayang waktunya tidak cukup, menurut google Perpustakaan terbaik lainnya, antara lain :

1. National Library
Salah satu perpustakaan umum terbesar di Singapura terletak di jalan Victoria. Gedung nasional library ini keren cakep gedung putih menjulang tinggi dipenuhi banyak kaca.
                     sumber wikipedia
2. Woodlands Regional Library
Woodlands Library ini berada dekat dengan MRT Woodland. Perpustakaan ini ramah anak-anak dan berfokus pada buku untuk anak-anak yang terbit sejak tahun 1900an.
Berkali kali kami melewati Woodlands akan tetapi belum menemukan Library ini.

             sumber dari google

3. Tampines Regional Library
Perpustakaan  ini memiliki suasana unik dan menyenangkan. Di dalam perpustakaan ini memiliki ruangan menarik selain sebagai tempat membaca buku juga terdapat ruangan olah raga, lintasan lari, kantin sampai teras dengan bantal bantal empuk.
       sumber Independent Singapore News

4. Library of Botany and Horticulture
Perpustakaan yang banyak memiliki koleksi buku tentang Ilmu Budidaya tanaman atau hortikultura.
                          doc.timeout
Baguss dan nyaman kan beberapa perpustakaan di Singapura, itu hanya beberapa karena masih banyak lagi perpustakaan umum yang disediakan pemerintah Singapura untuk warganya.

Sekian dulu yaa. ..wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Posting Komentar

23 Komentar

  1. Asyik banget dong ya bisa nemu banyak buku bagus di sini. Tempatnya nyaman lagi

    BalasHapus
  2. Seneng banget Mba Gusti Yeni dan keluarga bisa berkunjung ke Orchard@library. Modern, keren, pastinya banyak buku-buku bagus di sana.

    BalasHapus
  3. Baguuuss banget spot ini euyy

    Mupeng suatu saat bisa ngetrip ke sini bareng kluarga.

    Pastinya hepiiiii

    BalasHapus
  4. Wua asik banget ya mbak tempatnya, pingin banget deh kesini. Lihat koleksi bukunya yang banyak banget

    BalasHapus
  5. Nyaman dan cozy bangett yaa ini perpusnyaaa. Sofanya menggoda euy. Nggak ada bau buku apek deh kalo sekeren ini rasanya, haha.
    Moga-moga kapan bisa ajak anak main dan baca buku di Orchard Library ah...

    BalasHapus
  6. Aku tuh walau kemampuan baca bukunya sangat menurun akhir-akhir ini tapi akan selalu gembira jika travelling ke perpustakaan seindah di Orchard ini. Pastinya berasa masuk ke dunia lain. Pokoknya kalau berada dalam sebuah perpustakaan apalagi yang keren seperti ini, rasanya pasti seperti terbang ke langit

    BalasHapus
  7. Aku pernah ke Orchad Library ini, ketemuan sam teman di sini jadi ga fokus sama buku2 yang dibaca soalnya asmbil ngobrol, hahaa. Emang keren banget, sukaaa dengan kenyamanannya.

    BalasHapus
  8. Bagus dan betahin perpustakaannya. Kalo punya duit banyak salah satu cita2ku bikin perpustakaan sebagus ini di beberapa kota di Indonesia. Aamiin!

    Shibuya Crossing lebih sibuk dan padat daripada yang di Orchard, tapi sama menarik buat dilihat bagi yang suka liat keramaian di persimpangan kawasan belanja elit.

    BalasHapus
  9. Nyaman sekali, bakalan betah nih kesini, impian para pecinta buku bisa ke Orchd library ini yah

    BalasHapus
  10. aesthetic banget sih ini Orchard Library di Singapore, cucok ya buat jadi spot foto Instagram

    BalasHapus
  11. Orchard Librabry cakep banget ya. Ini kalau suka baca, kaya di surga kali. Suasananya nyaman. Masukin lias saat ke Singapura nanti

    BalasHapus
  12. Mewah banget perpustakaannya, betah deh kalau berkunjung & baca buku lama di sini. Semoga di Indonesia juga makin banyak perpustakaan yang koleksi bukunya lengkap & tempatnya nyaman.

    BalasHapus
  13. Kalo di singapur mah beda banget ama di sini ya.. perpusnya nyaman bgt. Fasilitasnya juga lengkap abis

    BalasHapus
  14. Ya Allah nyaman banget berada di Orchard Librabry.
    Paling cinta dikelilingi sama buku-buku dan ada free wifi, memungkinkan mencari bahan untuk referensi menulis.

    BalasHapus
  15. Perpustakaan senyaman ini pasti bikin betah siapa saja untuk embaca atau beraktifitas literasi lainnya. Di dalam mall pula lokasinya, jadi mudah diaksesnya.
    Memang library di negara maju keren-keren yaaa

    BalasHapus
  16. Wahh keren banget ya perpustakaannya
    Aku pasti betah berlama lama di sini
    Nyaman buat baca buku dan ngerjain deadline ya mbak

    BalasHapus
  17. Anak sulung saya doyan banget membaca. Dah itu buku-buku saya yang baru dibeli, bahkan belum dibuka plastiknya, malah dia duluan yang izin buka, baca, tahu-tahu udah kelar aja. Pasti senang banget dia kalau suatu saat diajakin ke sini.

    BalasHapus
  18. Sering lihat gambarnya tapi baru nyadar kalau ini perpustakaan paling keren di Singapura. Iya ya pendidikan di Singapura bagus buat anak walaupun msh khas Asia ada persaingan peringkat dll
    Anakku kalau kuajak ke sana kyknya gak mau balik ke rumah tuh mbak :D

    BalasHapus
  19. Wah iya nih, ini nih salah satu tujuan yang harus disambangin saat ke Singapore. Dulu pernah baca juga postingannya di Mak Irul tentang library ini. Baca lagi di sini, dan dengan foto-foto yang lengkap, jadi makin kepengen ke sana deh ih. :D

    BalasHapus
  20. Konsepnya unik, ada di mall. Jam buka sampai malam pula. Asyik, yaaa

    BalasHapus
  21. Wah mbak jadi kangen ke sini lagi. Aku pernah main ke sini dan betah banget. Mana cakep banget lagi perpusnya

    BalasHapus
  22. Bagus banget ini perpustakaannya. Terlihat rapi dan bersih. Bakal betah deh jadi referensi di sini.

    BalasHapus
  23. Wow, ini perpustakaan impian banget, buanyak buku berjajar. Aku bisa melongo melihat itu semua huhuhu

    BalasHapus