Keliling Roadtrip Java Part 6 - Explore Gunung Bromo Jawa Timur

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah masih diberi kesehatan sampai hari ini semoga selalu demikian dan teman-teman juga di beri kesehatan bahagia dunia akhirat.

Setelah Explore ke Pulau Garam alias Pulau Madura 3 hari 2 malam kami menginap kembali di Surabaya rehat sejenak. Trip berikutnya ke Gunung Bromo kalau langsung dari Madura menginap di Sukapura Probolinggo terlalu capek.
Rencana kami mau explore Bromo via Sukapura, rasanya kok maluu sudah bepergian ke negara orang tapi yang hits di negeri sendiri belum di jabanin.
Di surabaya kami menginap di Apartemen Gunawangsa Tidar 1 unit dengan 2 kamar plus sarapan pagi yang diantar ke kamar karena anak-anak sekolah online dulu sebelum kami cek out menuju ke Probolinggo.
Sarapan Hotel yang di kirim ke kamar.
Anak-anak sekolah online dulu sampai jam 11.30 setelah itu kami lanjut perjalanan.

Banyak yang menyarankan supaya menginap di Sukapura karena lebih dekat ke Bromo jalannya juga sudah bagus. Kami akhirnya menginap di Sukapura guest house Garry Bromo seharga 275rb baguss bersih rapi pinggir jalan utama dan ada dapur bisa masak2 bisa booking by Agoda.
Pukul 03.00 pagi kami di jemput mobil jeep siap siap berburu sunrise di Bukit Prahu Bromo. Padahal tidak hari libur ternyata ramenya di atas. 
Spot spot sunrise ada bukit tanjakan, bukit kingkong, bukit cinta dan bukit prahu. 

Kami dipilihkan yang tidak terlalu ramai yaitu bukit prahu sebelum nongkrongin sunrise sholat subuh dulu di seputaran bukit. Dinginnyaaa 11 drajat mendaki Bukit Prahu sekitar 100 meter sih tapi gelap dan dingin itu lhoo rasanyaa.
Jangan lupa sewa langsung ke no. Wa 082 331 780 434 only 550 ribu sajaaa. Ig agungchilik. Mobil jeep landcruiser nyaman banget nget tidak bikin capek badan.

Jam 3 pagi ditengah dinginnya udara pegunungan kami sudah perjalanan berburu sunrise.
Masya Allah gunung batok lautan pasir mulai terlihat keren. Perjuangan yang tidak sia sia sunrise dapat pemandangan pagi dapat kami kembali ke jeep taklupa mampir ke warung beli teh panas dan mie.

Perjalanan berikutnya kami duduk di atas mobil turun menuju laut pasir deg deg serr rasanyaa tapi seruuu.

Sampai laut pasir saya dan anak2 naik kuda menuju tangga kawah bromo, suami jalan kaki katanya itung itung olah raga.
Kuda dari parkir ke tangga kawah pp 150rb.
250 anak tangga woww banget pp 500 anak tangga

Masya Allah yeayy kami berhasil menaiki anak tangga meskipun setelah itu kena angin dan bau belerang bikin batuk batuk sesaat.

Kurang lebih jarak tempuh dari parkir laut pasir menuju anak tangga ke kawah 2,5 km, bismillah kami naik tangga berjumlah 250 brarti kalau pp 500 anak tangga woww banget tapi puass begitu sampai di atas dan melihat kawah bromo.

Sepulang dari kawah kami lanjut perjalanan menuju Bukit Teletubbies, Pasir berbisik, Taman Adelweis dan melihat perkampungan suku tengger. Kebetulan kami datang H-1 sebelum Nyepi biasanya ada ogoh ogoh sepertinya karena pandemi ditiadakan karena sepii adem ayem saja.

Kereeen wajib kesini bagi yang belum pernah, lautan pasir yang luass, bukit teletubbies persis seperti di film teletubbies, pasir berbisik di sebut demikian karena ketika tertiup angin suaranya berisik.

Pulang ke penginapan kami mampir di taman edelweis dimana banyak ditumbuhi tanaman edelweis dan bisa foto dengan view Gunung dan lautan pasir.
Lanjut perjalanan melihat perkampungan Suku Tengger Bromo, penduduk suku Tengger khasnya menggunakan sarung baik laki-laki maupun perempuan. Sarung dengan motif batik khusus kalau di jual dengan harga 650-900rb terbukti hangat di pakai mereka sehari hari.
Suku Tengger beragama Hindu kami ke Bromo H-1 Nyepi jadi besoknya libur karena suku tengger melaksanakan ibadah nyepi.
Taman Edelweis.

Rumah asli Suku Tengger bentuknya seperti di bawah ini :

Maap yaa kami ndeso baru sekarang bisa ke Bromo yang hits, suhunya woww banget dinginn cetar tp trekkingnya tidak se-wow kawah ijen.

Sekian dulu yaa kami lanjut ke Banyuwangi (diving, trekking, snorkling selama 6 hari)
 wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

JANGAN LUPA BOOKING MOBIL JEEP.LANDCRUISER LANGSUNG KE NOMOR INI 550RB SAJA 082 331780 434

(INSYAALLAH AGUSTUS SEPTEMBER KAMI BALIK BERBURU MILKYWAY RASI BINTANG DI GUNUNG BATOK BERSAMA JEEP ITU LAGI.)

Boleh baca juga urutan roadtrip kami yang belum kelar sampai sekarang.

Posting Komentar

34 Komentar

  1. Waaaah jadi kangen ke Bromo mbak. Kami ke Bromo Desember 2020. Seru banget karena bisa ke Bromo full anggota keluarga bawa anak-anak.

    Bisa lihat Sunset dari Bukit Cinta. Waah mbak seru ya road tripnya sampai Madura.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. wahnaku ngikutin lho roadtrip familynya mba, udah smp di part 6 yaa...
    seru juga ya bawa anak2 ke Bromo, dah pernah ajak anak2 ke Malang tapi blom pernah smp ke Bromo nih.

    BalasHapus
  4. Bromo..ngangenin, ke sana terakhir dah lama sekali..tahun 2011, wah lamanya,
    asyik banget ini rutenya dari Madura ke Bromo. Kami dulu Bromo dulu baru Madura.
    Noted untuk info transportnya, dulu aku nginep di Sukapura masih mahal karena belum sebanyak sekarang, ini terjangkau ya
    Makasih infonya Mbak, aku simpan buat ke sana lagi . Janjiin anak bungsuku, dia bilang belum pernah ke Bromo, padahal sudah , soalnya dia masih 2 tahun waktu itu

    BalasHapus
  5. Wohhh mbaa kerennnn.. enak bangetttt.. rumah mertua di malang sebenarnya lumayan deket.. biasanya naik motor sm misua ke bromo lewat Ngadas sih..tapi ngga bisa naik ke puncsknya liat sunrise :D

    BalasHapus
  6. Perjalanan ke Bromo memang asyik banget. Lautan pasir plus aroma belerang duuh jadi momen tak terlupakan. Apalagi pas naik kuda hahaha, kocak krn aku bingung gimana naiknya trus begitu udah kelar berkuda malah bingung juga gimana turunnya.

    BalasHapus
  7. masyaAllah keren banget mbak
    apalagi foto yang di atas jip
    usaha ke bromo dingin-dingin saat subuh nggak sia-sia deh
    seneng banget liat pemandangannya
    pengen ke sana juga jadinya

    BalasHapus
  8. Seumur-umur baru sekali saya ke Bromo hehe.. Tentunya yang diingat dulu adalah harus sewa jeep Hartop karena alasannya jalurnya ekstrem walau saya yakin ada sisi bisnisnya juga. View nya bagus dan udaranya sejuk .Terima kasih atas ulasannya

    BalasHapus
  9. Seneng banget mbak sudah bisa traveling Bromo sama anak-anak. Seumur-umur aku belum pernah ke Bromo, huhu jadi pengen.

    Btw kalau booking guest house lewat Agoda itu tuh harga yang ditampilkan sudah include pajak belum sih mbak?

    BalasHapus
  10. Ah selalu ikut bahagia mengikuti semua perjalanannya. Foto-fotonya juga lengkap dan bagus. Gak bosan scroll bolak balik atas bawah hehehe...

    BalasHapus
  11. Seru liat gunung batoknya mba.

    Aku tadi surprise juga liat 250 anak tangga. Jadi teringat wisata ke Barus, ada 5ratusan anak tangga juga untuk naik keatas

    BalasHapus
  12. Waaah petualangan jalan jalannya selalu seru nih.. l u mayan menghibur untuk saya yang masih di rumah aja ini

    BalasHapus
  13. Wah Roadtrip yang seru bangett.. Aku jadi kangen ke Bromo. Rencana tertunda karena pandemi hiks..
    Udah mupeng banget pengen lihat sunrise di Bromo.

    BalasHapus
  14. Bagus banget pemandangannya mbak... seneng ya bisa ngajak anak-anak menikmati wisata alam gini. 500 anak tangga pp, kayaknya sebelum ke sana mesti latihan bolak balik naik turun tangga ke lantai 2 ini

    BalasHapus
  15. Sudah banyak mendengar tentang keindahan Gunung Bromo. Katanya kayak di luar negeri, ya, Mbak? Lihat di foto saja indah paripurna.

    BalasHapus
  16. Heem bener tuntaskan dulu travelling di negri sendiri sebelum melancong ke negri orang...bahkan saya sendiri yang orang jawa timur belum pernah ke bromo hehe

    BalasHapus
  17. Aku sudah lama sekali nggak ke Bromo mba. Dulu pas masih tinggal di Surabaya, sering ke Bromo karena lokasinya dekat. Sejak tinggal di Jakarta, belum kesampaian. Menyenangkan dan sensasinya oke banget

    BalasHapus
  18. Wahhh road trip nya keren keeren mbaa..sampai ambawara dan salatiga...itu aku tinggal di situuuu heehhe..Emang sekolah online juga bisa membawa berkah ya, salah satunya bisa sekolah dari mana saja. Ijin save reviewnya karena emang pingin bangettt ke situuuu. Siapa tau next time bisa ke situ deh.

    BalasHapus
  19. Asli deh ini bikin iri banget Bun Yeni. Impian banget bisa data g ke Bromo. Semoga bisa ajak anak-anak juga nanti aku.

    BalasHapus
  20. Mantap Bromo dingin menusuk.. enak juga rasanya hiking sama anak yah

    BalasHapus
  21. Seru banget bisa liburan roadtrip. Pengen ke bromo jadinya.

    BalasHapus
  22. Aku belum pernah ke Bromo dan selalu penasaran dengan 250 anak tangga. Woww banget, apalagi PP bisa 500 anak tangga. Keren sih kalau sampai puncaknya 👍👍 (bisa disebut pendaki gunung nggak sih kalau pakai tangga?) Hehe 🤭

    BalasHapus
  23. Wah jadi kangen ke Bromo. Sekarang udah makin banyak spot menarik ya di sana. Tangga naiknya juga lebih bagus. Semoga tahun ini bisa ke Bromo lagi.

    BalasHapus
  24. Pengin nyoba staycation di Gunawangsa Tidar. Per malam berapa ya? Reservasi pakai app?

    BalasHapus
  25. Aiih...kangenkangenkangeeeeen banget sama BROMO.
    Ini liburan terakhirku bersama keluarga besar ((aku dan semua mas-masku juga ibu dan ponakan)) buat makan duren.

    Hehe...deket Bromo ada penginapan yang menawarkan makan duren sepuasnya. Boleh metik sendiri bahkan..kalau tahu mana duren yang sudah masak pohon.

    Mantappuu~
    Naik tangga ke puncak Bromo ini seru banget siih.. Sayangnya aku takut kalau kudu nunggu sunrise or sunset. Uda gelap gitu...kebayang yang enggak-enggak...((amit-amit))

    BalasHapus
  26. Wow kereeen banget. Saya ke Bromo tahun 2019 tepat sebelum pandemi. Keren banget ya pandangan nya. Sempat naik anak tangga sampai ke puncak juga.

    Suka penasaran dengan mbk Gusti, pikniknya gak habis-habis. Tips nya dong. Mesti tebel ya dompetnya? Heheh

    BalasHapus
  27. roadtrip begini seru banget ya mba, apalagi kalau bawa keluarga. Padahal sekarang ku di Jatim, tapi belum kesampaian main ke Bromo

    BalasHapus
  28. Yaampun kapan bisa main ke bromoo😭😭semoga next bisa ngunjungin tempat ini

    BalasHapus
  29. Seru banget road trip nya! Apalagi di Bromo, seumur-umur belum pernah ke sana, pemandangannya masya Allah banget!

    BalasHapus
  30. Selalu penuh cerita nih jalan-jalannya. You are so inspiring..

    BalasHapus
  31. Aku rencana liburan ini mau ke bromo. Pengen nyobain ngajak anak2 jalan2 ke gunung kira2 cocok ga ya mereka liburan ke gunung. Soalnya aku sendiri ga demen tapi mau ngajarin anak2

    BalasHapus
  32. Udah lama mau ke Bromo tapi bingung bawa gembolan segini banyak
    Khawatirnya ga menikmati malah pulang bawa lelah teramat sangat

    BalasHapus
  33. Seruuu banget mbak! Dan aku suka klo kegiatan sekolah onlinenya ga terganggu. Ibarat work-life balance ini school-life balance ya hehehe. Bromo ini juga jadi salah satu destinasi wisata yang ingin ku kunjungi nantii~

    BalasHapus
  34. Seru sekali ya berwisata ke bromonya
    jadi menginspirasi untuk muncak ke gunung lagi

    BalasHapus