Pengalaman Kedua Familytrip Bangkok & Tokyo Jepang All in 8,5 jutaan

 Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh...

Hai teman-temanku pembaca setia Gusti Yeni Famtrip, Jangan bosan yaa membaca ulasan pengalaman-pengalaman kami sekeluarga traveling. Dari namanya blog ini sudah ketahuan ya hobby keluarga kami traveling sehingga kami kupas aneka traveling ala kami.


Ini adalah pengalaman kedua kami ke Jepang di november 2018. Pengalaman pertama ke Jepang 2016 disaat anak2 usia 3 th & 5 th, Total kami tiga kali ke Jepang, kalau dituruti hampir setiap tahun kami ke Jepang apalagi visa kami multiple 5 tahun.

Tahun 2019 adalah kali ketiga kami ke Jepang sebelum Jepang di tutup untuk turis dan dapat tiketnya lebih murah dari ini dengan maskapai Singapore Airlines ulasannya setelah tulisan ini ya. Budget ini masih bisa di jadikan acuan ya teman2 karena Jepang belum buka untuk turis dan saya cek sewa apartemen hotel transportasi masih stabil.

Berawal dari setelah lebaran tiba-tiba muncul niatan pengen memberikan kejutan kepada ibu mertua dengan mengajak ke Jepang. Cek-cek tiket di traveloka seperti biasa pada waktu itu tiket murah dari maskapai Air Asia. Jakarta -Tokyo PP transit bangkok 7 orang (kami ber-4, mertua dan adik ipar) plus bagasi 21 jutaan (anggap saja 3jtan/orang).

Hal yang perlu di perhatikan ketika ke Luar Negeri

a. Paspor jangan lupaa dan dokumen lain jangan lupa misalkan (print booking hotel, print booking tiket kalau beli online, print tiket PP)

b. Cek negara tujuan apakah membutuhkan visa atau tidak, Jepang termasuk yang membutuhkan Visa bagi yang punya paspor biasa, kalau e-paspor tanpa mengurus visa tapi hanya melapor ke kedutaan.

c. Transportasi yang akan kita gunakan, supaya tidak rugi carilah informasi tentang paket transportasi yg tepat

d. Membuat ittinerary sesuaikan dengan jalur paket transportasi jangan membuang waktu untuk mengejar destinasi impian tapi jaraknya melenceng, yakinlah kalau kita ikutin jalur paket transportasi yang sesuai banyak tempat cakep dimana tidak banyak orang singgahi.

e. Ketika membuat ittinerary cek accuwheater yaa jangan ambil ke tempat berbayar misalkan Disneyland disaat cuaca tidak bersahabat, pastikan baju yg dipakai sesuai karena suhu ketika musim gugur apalagi musim dingin nendang banget bagi kita.

Adaptor jangan sampai lupaa dan voltase juga di perhatikan untuk di Jepang 

Rincian budgeting kami, biasanya banyak teman-teman saya yang suka traveling kepoinnya budget dan ittinerary. Wisata 2 negara, suasana kota, gunung, laut, sungai, danau, pindah hotel 4x, akomodasi kereta lokal, kereta shinkansen, bus, taksi, jalan kaki)

1. Tiket 3jt pp per orang air asia, bagasi hanya 40 kg tanpa makan via traveloka ditahun 2018 yaa, di tahun 2019 dapat lagi tiket murah 11jt aja Singapore Airlines PP buat 4 orang lhoo.

2. Penginapan total 17.100.000 untuk 7 org dg rincian 

  • 3 malam di ashakusa ueno 7jt model apartment via agoda (ada dapur, ada 3 tempat tidur, futton atau kasur lipat tambahan) kelemahannya tangganya woww banget dan kami di lantai 3. Yaa memang disetiap perjalanan kami kombinasi menginapnya ini cari yg murah tp strategis. Ada triknya kalau kita fokus explore dan menjadikan penginapan hanya numpang tidur carilah yang murah karena berangkat pagi pulang malam, penginapan mahal buat menikmati fasilitas di penginapan tsb karena bakal bikin mager jalan. Info penginapan emailnya komplit ya di foto.
  • 1 malam karuizawa resort 4,5 jt model 1 cottage dengan 2 kamar ruang tamu, mini kitchen, setiap kamar terdapat 3 tempat tidur dan kamar mandi bathtub via agoda. Gongnya disini semalamnya mahal tapi wort it banget dan kalau sudah di resort ini menikmati resortnya. Ada salju dan bermain sky di sini disaat wilayah lain belum dapat salju.
  •     Foto aslii bak lukisan yaaa keren banget disini suasana tenang, ada danau, pepohonan dan daun daun berguguran.
  • 1 malam di yokohama hotel wing 3 kamar total 2jt via agoda, jangan kaget ya teman-teman Hotel di Jepang itu mungil mungil dan jumlah orang perkamar di perhatikan. Hotel ini strategis dekat dengan stasiun dan pinggir jalan besar
  • 1 malam di Narita City,  Hotel Hedistar 3 kamar total 2,6jt include sarapan free shuttle bus ke bandara via agoda. Salah satu solusi supaya tidak buru-buru ketika pulang ke Bandara Narita yang lokasinya jauh, menginap di Narita City dan mencari penginapan yang Free Shuttle Bus. Hotel Hedistar ini strategis dekat dengan Aeon Mall jadi bisa belanja oleh2 cemilan di Aeon meskipun dari stasiun ke Hotel lumayan jalan kakinya.

3. Transportasi 1,750,000/ org total 7 org 10,500,000 dengan rincian 

  • Dari bandara Narita ke Tokyo naik bus dengan harga tiket dewasa 1.000 yen Anak 500 yen
  • Tokyo metro subway kami ambil yang 72 jam dengan harga dewasa 1500 yen Anak 750 yen bisa cek di www.tokyometro.jp bisa dibeli di airport atau stasiun.


  • Peta cakupan tokyo subway
    Tokyo subway ini untuk mengeksplore Tokyo kota misalkan kalau kita di Jakarta mulai dari Jakarta selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat sampai Jakarta Barat. Pastikan memaksimalkan tiket ini sengan sebaik-baiknya untuk keliling kota Tokyo sesuai peta. Harga 2022 masih tetap sama.

  •  Tokyo Wide Pass 3 hari dengan harga dewasa 10.000 yen Anak 5000 yen, baru setelah tokyo metro subway habis kami ganti maksimalin tiket ini untuk keluar kota Tokyo. Bisa beli di stasiun-stasiun besar di Jepang atau ke aplikasi klook atau online lainnya mana yang lebih murah. 

  • Tokyo Wide Pass (TWP) ini menjangkau di luar kota Tokyo sampai pelosok-pelosok, misalkan wilayah di luar Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Tiket TWP ini mencakup kereta cepat shinkansen sehingga bisa menjangkau pelosok Tokyo dengan waktu hemat. TWP ini tidak bisa di pakai buat ke Osaka Kyoto jadi mesti pake paket berbeda lagi kalau buat menjangkau yang jauh-jauh pakainya paket JR Pass.
  • Total transportasi anak 6250 yen/orang, transportasi dewasa 12.500 yen/orang 

4. Visa single Rp,525000/orang kali 3 orang dan bisa multiple 875,000 per orang kali 4 orang. Kalau yang punya e-paspor tidak perlu yaa tapi pembuatan e-paspor juga lebih mahal dari pada paspor biasa.

5.  Bangkok total habis 2,5 jt (city tour plus makan cemilan suvenir )

6. Makan dll 4jt (demi menjaga kehalalan dan penghematan kami masak di apartemen yang simpel-simpel saja misal pagi sebelum berangkat roti bakar, nasi goreng telur, siang bawa bekel atau beli onigiri murah enak kenyang atau beli susu, buah tar malam masak lagi) Total semua sudah oleh-oleh 60jt bagi 7 orang jatuhnya 8,5 jt 

Itinerary Jepang Transit Bangkok 

HARI I Jakarta - Bangkok transit

Bangkok adalah negara yang belum pernah kami kunjungi, jadi ketika hunting tiket kami sengaja cari yang transit di negara yang belum pernah kami datangi dan Free Visa. Kami googling atau mencari informasi di group-group backpaker taksi yang recomended buat citytour ke Bangkok ketika kami transit.

Kami landing di Bangkok sekitar jam 3 sore, begitu keluar dari imigrasi di pintu kedatangan berasa jadi orang penting kayak di pilm-pilm pake papan nama ketika di jemput πŸ˜€



Ini taksi dan sopir taksi yang kami tumpangi untuk city tour Kota Bangkok.  Kami ke Loha Prasat, Grand Palace, Chaosan, Neon Night Market, Ratchadamneon road, Chinatown. Kami makan malam di salah satu resto halal di Chaosan, beli suvenir jastipan di Neon Night Market.

Thaitea dan makan mie halal di Bangkok

Tower tertinggi di Bangkok

Kalau di Jakarta Bemo 

Bangkok seperti Jakarta macet kami kejebak macet soalnya di malam minggu, kalau harga so so lah Bangkok sama Jakarta yang murah murah banyak untuk makanan di Bangkok. Kenapa kami pakai taksi? Karena relatif murah dan hemat waktu, jadi kalau negara murah ya kami mager naik taksi tp kalau mahal yaa harus rela jalan kaki dan naik public transportasi.

Penerbangan berikutnya ke Tokyo malam hari sehingga kami sampai di Narita Airport pagi hari.

HARI II  Landing di Narita Airport

 - Narita Airport ke Tokyo kami naik bus, di Tokyo ada 2 Airport yaitu Haneda lokasi dekat dengan Tokyo dan Narita jauhh dari Tokyo bisa dibilang pinggiranlah seperti Sleman ke Bandara Yogya kulon progo. 

Turun dari bis kami menuju penginapan di daerah ashakusa titip koper, perjalanan lemesin kaki dimulai jadi kalau di Jepang siap-siap BB turun karena setiap hari rata-rata kami jalan kaki minim 15 km.

Destinasi yang kami lewati Kuil Sensoji menjadi destinasi favourite turis bisa di pastikan ramai terus kala itu ya sebelum virus covid menyerang.

Kuil Sensoji ini merupakan kuil umat Budha yang tertua di Jepang. Dibagian tengah gerbang kuil terdapat lentera dengan berat 700 kg, memasuki kuil sepanjang jalan berjajar area perbelanjaan sepanjang 200 meter.
Becak di Ashakusa

Shibuya Crossing merupakan simpang tersibuk di dunia.


Patung Hachiko kisah seekor anjing yang setia dengan majikannya sampai di jadikan patung untuk mengenangnya.


Ueno Park


Taman, stasiun besar yang strategis dan tempat belanja yang oke. Salah satu lokasi   strategis untuk menginap disini ya karena stasiun Ueno ini menghubungkan ke berbagai jurusan.

Didepan Ueno Park ada pasar segar, ada banyak toko2 barang branded murah juga suvenir suvenir.

HARI III masjid camii, harajuku, roppongi/tokyo tower dan tv asahi,akihabara, Tokyo station/nihonbashi, istana kekaisaran tokyo. Kami masih memanfaatkan tiket Tokyo Subway 72 jam yaa.

Masjid Cami
Masjid Cami
stasiun tokyo
Langit-langit stasiun Tokyo keren yakss.
Imperial Palace
Pohon Ginkgo Biloba berwarna kuning ketika musim gugur ini lokasi di Imperial Palace
 Yang Orange kearah coklat bernama Momiji.
Tokyo Tower
Roppongi

HARI IV yoyogipark/kuil meiji, Tokyo skytree, sungai sumida, ginza, shibuya, shinjuku/shinjuku gyoen destinasi wajib kalau pada ke Tokyo masih menggunakan Tokyo Subway hari terakhir.

Kuil Meiji

Ginza, belanjaan banyak tapi bukan milik sendiri cukup puas dengan belanjain produk branded Jepang milik teman-teman saya dapat fee aja deh biar bisa beli tiket lagi

Di setiap negara yg kami cari supermarket blanja cemilan dan bahan makanan buat di masak di penginapan.

HARI V 

Kami menuju ke Karuizawa Resort by shinkansen nah kartu Tokyo Wide Pass (TWP) 3 hari mulai kami pakai sejak pagi. Belinya bisa di Ueno station atau di stasiun Tokyo.

Kami cek out dari apartemen pagi-pagi jalan kaki menuju stasiun Ueno sambil menunggu jadwal kereta ke Karuizawa kami jalan-jalan menyusuri pasar tradisional melihat ikan-ikan segar dan jajanan buah segar di depan stasiun.

Depan stasiun Ueno

Jajanan lucu lucu kan ini buah yang dikasih toppinh coklat. 

Kami tidak terbiasa mupeng dengan jajanan di negara orang karena pernah kena zonk ketika pertama kali trip ke Luar Negeri yg ternyata ada babinya untung suami tanya padahal sudah dibeli.

Karuizawa Prince |Resort


Kami naik kereta cepat shinkansen ke karuizawa dengan tiket TWP yang mengcover kereta cepat.



Karuizawa ini resort dimana banyak penduduk Tokyo suka berlibur kesini di saat musim panas karena disini sejuk. Karuizawa ini banyak dikunjungi wisatawan karena ada FO barang branded yang sale, tapi produknya bukan produk yang baru keluar ya.
Kami menginap di Karuizawa resort ini, luas banget tempatnya dan daun musim gugur berwarna orange banyak kami temukan disini. Ada area salju juga disini jadi kalau kesini mulai November sudah ada salju.
Daun musim gugur di karuizawa ini bernama Momiji banyak banget dengan warna orange, pagi hari suhu minus 1 sampai di daun momiji kelihatan salju tipis.


Dapat suvenir handuk sandal dan mainan anak-anak.
Dari lobby Hotel Karuizawa diantar mobil ke Cottage kami yang lokasinya lumayan jauh, ketika cek out juga di jemput tinggal menghubungi hotel. Kalau mau jalan-jalan di depan tersedia shuttle bus yang keliling resort.

HARI VI 

Karuizawa ke Yokohama dan Odaiba

Cek out dari karuizawa kami melanjutkan perjalanan ke Yokohama cek in di Hotel Wing tidak jauh dari stasiun. Hotel Wing ini lokasinya pinggir jalan, kami bisa jalan kaki ke chinatown, stadion dan pelabuhan yang terkenal di Yokohama. 

Pelabuhan Yokohama adalah pintu masuk pertama perdagangan.

Robot Gundam di Odaiba
Next dream Liberty Statue
Odaiba ini pulau buatan ala Jepang di teluk Tokyo, kami naik kereta bawah laut menuju kesini dimana eskalator menuju ke kereta tinggi sekali hampir 45 derajat dan panjang.


HARI VII 

Citytour yokohama (chinatown, pantai, museum) cek out kembali ke  Ueno Tokyo belanja jastipan lanjut ke Narita City sekitar 2jam. Cek in hotel di narita city jalan2 dikotanya, anak2 ke kamar sama omnya, saya sama suami menjelang maghrib balik ke tokyo jalan2 ke ginza ada yang ketinggalan di belanjain jastipan. Mumpung kartu TWP kami masih berlaku.


Pelabuhan Yokohama


HARI VIII 

Pulang dari Hedistar Hotel di narita city kami cek out menuju bandara Narita menggunakan shuttle bus yang disediakan oleh hotel, balik ke Indonesia transit bangkok lagi.

Sampai ditulis ini bukan bandara Narita karena banyak yang mengira stasiun Narita City ini dekat dengan Bandara Narita.

SERBA SERBI JEPANG

Jepangpun sama dengan paris ada tangga jahanam tapi banyak kok lift terutama bagi yang bawa stroller tapi mesti sabar mencarinya. Di pedesaan stasiunnya kecil jarang ada lift yaa.

Sholat ketika liburan ke negara orang kalau tidak menemukan tempat sholat ya kami jamak, Allah sudah memudahkan bagi yang musafir. Explore masjid di negara orang sekaligus hunting tempat sholat sepanjang satu rute kalau ini berada di tourist information di stasiun Tokyo.

Aplikasi www.muslimguide.jnto.go.jp berisi tentang lokasi masjid, restaurant halal, penginapan dkk. 

Tapii sepanjang pengalaman kami kalau laper dan mencari restaurant halal terdekat lamaa lho, masih muter-muter capek belum kesasar keburu laper jadi kami jarang banget cari resto halal pernah sih endingnya ga ketemu keburu kelaperan. Solusi dari kami mampir di Seven Eleven atau sejenis beli susu segar atau minuman lain, beli buah atau onigiri yang ikan.

Perhatikan dalam penggunaan eskalator ya, tiap kota berbeda ada yang jalur buru-buru di sebelah kanan jalur santai di sebelah kiri jadi perhatikan saja orang jepang dalam menggunakan eskalator. Jangan berjejer seperti disini yaa tar di dorong dari belakang yang jalur orang buru-buru.

Sampah di simpan kalau ketemu tempat sampah baru di buang.

HARI IX sampai jakarta 

Tips buat anak2 karena ini perdana bagi mereka naik pesawat LCC alias pesawat Low Cost :

1. Jauh2 hari diberi pengertian kalau pergi rame2 budget mepet harus hemat, dipesawat bawa mainan dan cemilan sendiri, dipesawat tidak ada TV, film, games dan tidak dapat makan minum seperti biasanya. 

2. Disana tidak boleh rewel, tidak boleh main hp Om & simbah, tidak boleh minta gendong harus terima apa adanya 

3. Rewardnya kalau mengikuti yang diatas adalah boleh minta mainan di jepang. 

4. Ketika beli mainanpun kita batasi harganya, tetep yang murah maksimal 200rb rupiah.

5. Traveling mandiri itu jalannya santai, ketika di kereta kesempatan anak2 tidur meskipun cuma sebentar

6. Kalau capek langsung ngesot anak2, kadang iseng2 spt ada telfon umum coba2in.

Pertama kali kami pergi ke Jepang di saat anak2 usia 3 dan 5 tahun, dari situ membuat anak2 mandiri dan kuat jalan jauhh setiap hari.

Baca juga ya pengalaman kami di Jepang

1. Pengalaman pertama kali ke Jepang Rute Tokyo - Kyoto - Osaka transit Philipina dan bermain di Disneyland Hakone by Garuda dan philipin airlines only 15jtan all in / orang

2. Jepang yang ketiga kali beberapa bulan sebelum Jepang di tutup untuk turis only 8jtan explore Osaka, tateyama sampai pelosok desa

Nb : Jangan takut traveling sendiri ke Jepang ya, sepanjang pengalaman saya banyak teman-teman yang tanya soal ittinerary transportasi dan berani sendiri tanpa travel ke Jepang bisaa πŸ’ͺ jalur kereta jepang mudah pake google map jalur dan jadwalnya tepat ontime.

Contoh penggunaan google map dari Ueno ke Karuizawa ada jadwal berangkat kereta dan platform alias jalur keretanya di platform 19 

WArna menentukan jadi cek warna jalur kita dan ikuti arahnya ketika di stasiun nanti kita melihat banyak warna.

Nb : Teman-teman kami tidak nambah bagasi sama sekali ya, karena berangkat kami jastip.makanan pulang ganti jastip barang jepang saya fokus jastip jam tangan karena ringan.
Total yang saya bawa 60 biji jam tangan masuk tas ransel pas cek di bandara tidak masalah dibantu masukin lagi malahan sama petugas bandara di Jepang.

Alhamdulillah ketika kita membahagiakan Orang tua apalagi mertua karena suami saya masih bertanggung jawab terhadap Orang tuanya terutama ibunya sampai mereka di panggil Allah, Allah langsung kasih kami cash pulang dari Jepang kami dapat Tiket Umroh pp 2jt bisa umroh mewah dg budget minimalis sebelum umroh di tutup dan tiket India murah sayang harus cancel karena maskapainya bangkrut H-2 sebelum jadwal berangkat.

Posting Komentar

46 Komentar

  1. Pasti seru ke 2 negara itu rame-rame. Tipsnya buat anak-anak nggak rewel bagus ih. Biar semua bisa tetap asyik di perjalanan.

    BalasHapus
  2. Jepaaaang its my dream😁,pengen banget main ke negara itu ya Allah... Semoga aja bisa kesampean yaaa😭

    BalasHapus
  3. Tahun 2018 masih 3jt PP per orang ya, klo sekarang mungkin bisa 2x atau 3x lipat ya mba, sholawatin dulu lah siapa tau ada rezeki bisa liburan ke sana 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaak tahun 2019 aq juga dapat murah singapore airlines only 11 jutaan 4 orang pp, tiket murah masih banyak mb kalau promo tenang saja bisaa kok

      Hapus
  4. Cantiknya Mesjid cami, ya Allah bikin mupeng.
    .
    Kalo ke luar negeri seperti Bangkok susah tidak cari makanan halal nya kak?

    BalasHapus
  5. baca ertikelnya jadi kangen banget buat jalan-jalan ke luar atau kemanapun, selama ini cuman stay at home aja, semoga segera bisa kemana-mana lagi ya

    BalasHapus
  6. Pas berangkat, bagasi 40 kg mah...masih oke yaa, kak Gusti.
    Begitu perpulangan, pakai nambah bagasi lagi?
    Karena transit, jadi perjalanan ke Jepang lebih gak capek yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebihh capekkk mbakuuu tiap hari langkah kaki dan jalan kami ukur minim 13 km, gak pake tambah bagasi sama sekali Alhamdulillah

      Hapus
  7. Wah senangnya baca cerita perjalannya
    Itu serius biayanya segitu? Cukup terjangkau ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius banget mbakuu πŸ˜€ sampai nota2 masih aq simpen di album khusus traveling makanya aq masih ingat harga2nya πŸ˜€

      Hapus
  8. Ck..ck..ck berdecak kagum aku membaca cerita perjalanan mbak Yeni dan keluarga traveling ke Jepang. Memang ya segala sesuatunya mesti dipersiapkan dengan baik termasuk barang2 yang wajib dibawa ke sana. Aplikasi yang harus digunakan untuk info2 resto halal, masjid dll sangat penting tentunya.

    BalasHapus
  9. Family trip emang selalu menyenangkan ya..apalagi bisa ngajak ortu, mertua, anak-anak...seru banget... Pengen suatu saat kalu udah gak pandemi halan-halan ke LN ..setidaknya Asia dulu deh..

    BalasHapus
  10. Wow family trip yang cukup banyak lokasi yang dikunjungi. Saya salut sama anak2 nya ga rewel. Apa karena secara usia memang sudah enak diajak jalan jauh dan la ya? Pengalaman saya pernah bawa 2 anak usia 6 dan 3 tahun masyaallah itenerary ya akhirnya beberapa batal. Informasi web untuk muslim di Jepang nya menarik dan baru bagi saya. Informasi transportasi nya juga sangat lengkap. Mau saya bookmark dan kirim ke suami ah. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbakkuu pertama kali ke Jepang usia anak2 kok sama 3 th sama 5th karena traveling mandiri jd kami santai, tapi ittin tetep bisa pas di kreta perjalanan agak lama anak2 tidur, jalannya kita santai sambil bercanda capek ya ngesot πŸ˜€

      Hapus
  11. Catat jalur kereta Jepang mudah dengan google map dan jadwalnya ontime. Senang sih kalau liburan kaya gini. Jadi waktunya bisa pas. Btw, soal informasi tempat solat juga perlu diketahui apalagi bukan negara muslim

    BalasHapus
  12. MasyAllah udah cerita tentang jalan jalan ke Bankok dan Jepang lagi mba. Perasaan kemarin cerita jalan jalan kemana gitu yang masih di Indonesia. MasyAllah mba Yeni ini emang seneng nulis dan cerita ya. Ceritanya itu panjang dan detail. Jadi yang liat pengen ikut jalan jalan juga jadinya πŸ˜‚. Kapan atuh ya aku bisa ke jepang juga hihihi πŸ˜‚

    BalasHapus
  13. Ke jepang dan bangkok ngajak anak kecil kerasa banget lelahnya. Molly juga pengen nih habis corona cuss ke negeri sakura

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah tidak lelah sama sekali tapi happy pergi bersama keluarga, kami jalan santai tidak di buru-buru, capek jalan istirahat di pinggir jalan sambil.ngemil bekel

      Hapus
  14. Aaakkk, Jepang nih destinasi impian bangeett!
    Anakku juga seneng dgn serba serbi jejepangan
    mupeng deh, moga2 corona segera bubar yaaak.

    BalasHapus
  15. Wah ini bisa jadi referensi buat yang ingin travelling ke Jepang, soalnya lengkap banget termasuk tips bagaimana menemukan tempat menginap yang nyaman saat berlibur ke Jepang, dan ternyata tidak sulit ya mencari penginapan sesuai budget soalnya sudah banyak aplikasi yang memiliki segudang layanan pesan hotel serta transportasi dengan harga terjangkau. Baca artikel ini jadi berharap semoga bisa jalan-jalan ke Jepang juga.

    BalasHapus
  16. Masya Allah Mbak Yeni, penutupnya itu yaa emang bener berbakti ke orang tua diganjar langsung dapat rezeki umroh. Kalau ada promo tiket gitu bolehlah japri aku, mbak. Ingin juga ajak keluarga kecilku jalan-jalan pakai uang dari hasil ngeblog.

    Baca artikel lengkap ini jadi ada gambaran bisa kok traveling murah bahagia. Dan ... anak-anak juga kuat jalan. Wew!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbakuu tar aq ulas yaa cara hunting tiket tips dan triknya

      Hapus
  17. 2019 dapat harga 11 jutaan PP Indonesia-Jepang untuk 4 orang. ya ampun ini murah banget mbak.

    Sedih deh jika membandingkan harga pesawat untuk bepergian didalam negeri. Saya aja pas mudik tahun 2019 itu 13 jutaan pp Surabaya-bengkulu untuk 5 orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaa itulah kenapa sebelum pandemi saya banyak trip ke Luar Negeri karena tiketnya lebih murah πŸ˜€

      Hapus
  18. Masya Allah, senangnya bisa jalan-jalan sekeluarga ya ke Jepang dan Bangkok, aku tuh belum terbiasa mengatur ini itu kayak itinerary jadi belum berani keluar negeri sendiri tanpa agen perjalanan..

    BalasHapus
  19. pengalaman yang membahagiakan dan penuh cerita juga kesenangan ini, bisa pergi liburan sekeluarga ke luar negeri

    BalasHapus
  20. Waah, petualangan jalan-jalan yang seru nih. Ya ke Jepang dan ke Thailand juga.

    Ke Jepang liburan bareng keluarga gitu makin ramai makin asyik, ya.

    Bismillah dulu nih, semoga kami bisa juga liburan ke sana. Karena Jepang itu impian banget suamiku.

    BalasHapus
  21. Tiga kali ke Jepang, aku belum pernah ke Jepang sama sekali. Padahal ingin banget ke Jepang, eh malah muncul pandemi. Kalau Thailand, aku pas dapat kesempatan ksana. Mau juga datang sama keluarga

    BalasHapus
  22. Seru ya mba bisa jalan-jalan bareng keluarga gini. Berbagai tempat yang ada di foto kelihatan cantiiikk banget. Mba, mungkin ceritanya bisa dibagi beberapa bagian, sekadar saran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mb uniek sarannyaa makasih πŸ₯°

      Hapus
  23. Jepang tu salah satu negeri impianku. Pengen banget ke sana. Kalau bisa ke Jepang, aku pengen ke Museum Ghibli. Hehe..

    Btw, seneng ya punya banyak teman di berbagai negara. Bisa bawa barang jastip ke sana, pulangnya jastip lagi, jadi ngga tekor-tekor amat liburannya. 😁

    Omong-omong, aku setuju sama komennya Mbak Uniek. Artikelnya dibagi jadi beberapa bagian aja, biar ceritanya bisa lebih dalam. Mak Yeni bisa contoh travel blogger lain, seperti Mak Katerina misalnya. ☺️

    BalasHapus
  24. sebelum pandemi emnag harga tiket, penginapan juga dll buat jejalan murah dan terjangkau banget. banyak pilihan juga. tapi sekarang udah mahal, ribet juga yah, hehehe. tapi tetap disyukuri ya mba. terima kasih infomasinya sudah membagikan pengalaman ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbakuu kalau saat ini yg mahal hotel karantina sama pcr

      Hapus
  25. Termasuk rinci nih ya masalah pembiayaan, apalagi untuk yg pertama kali pergi ke Jepang. Jadi ngga kaya masuk ke lubang karena semua serba kira-kira habisnya berapa..

    BalasHapus
  26. Wah senang banget baca cerita pengalaman family tripnya mbak
    Apalagi ada rincian biayanya
    Bisa jadi inspirasi buat kumpulin uang nih
    Kan pengen juga family trip ke Jepang

    BalasHapus
  27. Whuaaaa...pas banget kami sekeluarga pengen banget trip ke Jepang dan nemu post ini. Jadi banyak tips yang bakalan kami pakai kelak kalau adi trip keluarga. langsung bookmark artikelnya niiih

    BalasHapus
  28. ah asyik sekali kalau sekeluarga hobby traveling, kompak ya. Jepang memang ngangenin ya Kak sampai didatengin tiap tahun.

    BalasHapus
  29. Duh, baca cerita travelingnya bikin mupeng mbak, saya berasa ikutan traveling virtual nih karena detail banget informasinya. Semoga suatu saat bisa traveling ke sini juga bareng keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin3x tidak ada yg tdk mungkin kok bun, niat dulu bermimpi dr dulu kami.mikirnya duh banyak tar habisnya bla bla.bla

      Hapus
  30. mbak keren bangettt bisa beginii
    jadi pengennnn anak2 juga pasti seneng banget ini
    semoga dikabulkan ya travelling lagi
    kereen sumpah, mumpung anak dah gedean bisa diajak beginian

    BalasHapus