Pengalaman kali ketiga ke Jepang sebelum Jepang ditutup untuk turis, only 8,6 jutaan per orang by Singapore Airlines Part 1


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman-temanku semua semoga sehat selalu. 
Kali ini saya akan kupas Familytrip kami ke Jepang yang ketiga kali. Kalau kemarin teman-teman bilang wow murah Bangkok + Tokyo yang kedua di November 2018 cuma 8.5 juta dengan maskapai Air Asia. Kali ini lebih hemat dengan destinasi yang lebih wow karena kami dapat tiket Singapore Airlines di Maret 2019 only 11 jtan 4 orang lhoo PP pula.


Berawal dari ulang tahun Tiket.com adain Gledek awalnya saya tidak berniat cari tiket, eeeh kena racun teman-teman pada dapat Jakarta - Jepang PP murah 4 orang 12 jutaan. Suami hunting-hunting malah dapat 11jtan 4 orang Jakarta - Osaka PP di waktu libur kenaikan kelas tahun 2019. Persiapan kami sejak membeli tiket sampai berangkat hanya 3,5 bulan saja sambil nabung pastinya Alhamdulillahnya berangkat setelah lebaran jadi THR di simpan buat ke Jepang.

  " Rejeki tidak kemana teman teman yakini itu, tiket murah kami masih dapat juga ketika pandemi di awal tahun 2021 tiket turki kami murah ulasan cara hunting tiket next ya"
Begitu tiket ditangan kami berembuk dengan anak-anak kemana yang pengen mereka kunjungi. 4 kepala keinginan berbeda-beda :

1. Anak-anak pengen menginap di Hotel Legoland Nagoya penasaran samakah dengan Hotel Legoland Malaysia dan kangen main salju lagi.

2. Suami sudah lama mengincar berkunjung ke dinding salju  Tateyama Kurobe dimana hanya buka mulai akhir April sampai Juli saja, kebalik yaa padahal musim panas akan tetapi gunung bersalju ini cakep disaat musim panas.

3. Emak pengen Tateyama juga tapi juga pengen bablas dari Osaka Jepang ke Korea kan tiket pesawat hemat, jadi ittinerarynya seru

Jreng jreng akhirnya kami sepakat fokus ke Tateyama Kurobe dan explore desa - desa cantik di sekitarnya, untuk anak-anak mengingat budget kalau plus menginap di Hotel Legoland Nagoya mehong alhasil kami ingat kalau kita pakai tiket pass Osaka Amazing Pass banyak destinasi GRATIS selain transportasi Gratis di osaka, salah satu destinasi Gratisnya adalah Legoland Discovery semacam legoland mini yang pertama kali ada sebelum adanya Legoland di Nagoya.

Gambaran tentang perjalanan kami sudah ketemu, kami menyusun Ittinerary dan paket Pass apa yang tepat supaya efisien waktu dan budget.

Transportasi di Osaka - Nagoya - Tateyama Kurobe - Narai Juku - Gero Gifu- Matsumoto - Kyoto - Nara

1. Bandara Osaka menuju ke Apartement kami di osaka hari pertama kami beli tiket kereta ketengan, dengan rute
Bandara - Rinkyu FO 340 yen setara dengan 4 orang 182 ribu
Ryinku FO - Namba Osaka 940 yen setara dengan 4 orang 504 rb
Total PP 1.372.000

2. Osaka Amazing Pass untuk explore Osaka kami ambil paket 1 hari.
Paket Osaka Amazing Pass ini wajib teman-teman beli ketika di osaka, karena banyak banget atraksi ikonik GRATIS di Osaka yang di cover oleh kartu pass ini. Selain transportasi (bus, kereta, kapal) juga atraksinya. 
Osaka Amazing Pass ini ada paket 1 hari, dan 2 hari.
Kami membeli paket 1 hari karena pertama kali ke Jepang di tahun 2016 kami sudah menjajal paket 2 hari sehingga yang sekarang kami mencoba atraksi lain yang belum pernah kami coba sebelumnya.
Harga asli  Paket 1 hari  2500 yen dan Paket 2 hari 3300 yen
(Sekarang banyak yang jual online spt traveloka, klook, toped, langsung beli di stasiun di jepang juga bisa toh nantinya kita mesti tukar tiket online dengan tiket fisik di Osaka)
Bukti pembelian tiket di tukarkan di salah satu stasiun Jepang nanti di ganti dengan tiket seperti kartu ID Card dan buku panduan wisata Gratisnya.

3. Kintetsu Pass kami ambil 5 hari keperluan untuk jalur Osaka Nagoya  Kyoto, Nara 
Paket Osaka Amazing Pass 1 day dan Kintetsu Pass kami dapat hemat beli di www.klook.com 2 dewasa 2 anak total Rp. 2.834.250
Osaka Amazing Pass dan tempat wisata Gratisnya ada osaka zoo, legoland discovery, Osaka Castle, naik kapal menyusuri sungai, naik kapal menyusuri laut, naik gondola dkk. Kartu pass khusus explore Kota Osaka ya kartu ini.

Jalur yang di cover Kintetsu Osaka, Kyoto, Nara, Ise Shima, Nagoya nah kita bebas explore ke kota-kota tersebut free.

4. JR Matsumoto paket 5 hari ini adalah kartu Pass start mulai Nagoya menuju Gunung Tateyama dan explore desa-desa yang tercover jalur ini. Tiket pass ini hemat banget ya karena kalau mau ke tateyama harga tiket ketengan mahal, step-stepnya banyak mulai dari kereta naik gunung, gondola, bus, dimana menembus gunung. Kami dapat harga hemat di Tokopedia. 
Dewasa Rp. 2.302.632 / orang x 2 
Anak Rp. 1.151.316 / orang x 2
Total 6.907.896

Ini adalah jalur-jalur kereta yang tercover oleh kartu  JR Pass Matsumoto, dan semua tempat itu tidak cukup 5 hari di explore kereeen semuaa. Tempatnya pedesaan pelosok sepii banyak yang tidak bisa bahasa Ingris tapi seruu suasana jepang tempo dulu dapet banget.
Bagaimana tidak mahal kalau beli tiket ketengan ke Tateyama Kurobe Alpine Route karena destinasinya seperti di gambar ini disetiap titip ganti moda transportasi recomended amazing indahnya. Jadi pake Jr Matsumoto ini hemat sudah tercover.

5. Kintetsu Express Osaka - Nagoya PP 5700 yen setara Rp. 1.528.000

Penginapan
1. Apartement Tengacaya Osaka 2 malam via agoda Rp. 1.350.000
Seperti biasa kami cari aparteman yang hemat di hari pertama kedua, lokasi apartemen ini dekat stasiun tapi stasiun pinggiran ya. Lengkap microwave, kompor, alat masak, kulkas.

2. Hotel Hoterukuraun hiruzu Toyama City 2 kamar 1 malam + sarapan Rp. 1.522.898

3. Ryokan + Onsen + sarapan di Gero Gifu 1 malam Rp. 2.160.000
Model penginapan dengan tatami dan lokasinya pedesaan sepii banget tidak banyak yg bisa bahasa ingris disini.

4. Hotel Chi Sun Inn Matsumoto type family + sarapan Rp. 945.000
5. Apartemen Namba 2 malam via Air bnb Rp. 2.448.888 diskon jadi 2.1 juta
Recomended bangett strategis di depan stasiun Namba dan pusat perbelanjaan barang branded.

pengeluaran Lainnya
1. Kartu internet buat di Jepang by Toped 159.000
2. Tiket Gasho Village Dewasa 700 yen (94rb/orang) Anak 400 yen (54rb/orang) Total 296.000
Gasho Village 
3. Makan Cemilan Total 1.8 juta
4. Pengiriman koper dari Nagoya ke Osaka dan Gero ke Osaka dan penitipan koper di Rynku 500 rb, 
Titip koper ketika di FO Rynku, self service yaa teman-teman.
Ada berbagai ukuran sesuaikan dengan koper kita.

"Total bagi 4 orang jatuhnya Rp. 8.675.000 / orang "


Kalau beli online di Indonesia model tiketnya seperti ini, tiket Jr Pass Matsumoto nah nanti di Jepang tetap harus ditukar di bagian loket JR biasanya ada di stasiun besar. Tiket asli berbentuk kartu postcard ada nama JR Pass Matsumoto, tertera nama kita, nomor paspor? tanggal mulai berlaku kartunya, JANGAN SAMPAI HILANG YA Hangus kalau hilang.

Ditukar seperti ini dan tidak boleh hilang kalau hilang tidak bisa di ganti.

"Di episode kemarin saya pernah cerita kalau Tiket Jr Matsumoto saya ini ketinggalan dirumah, baru sadar setelah sampai di Singapore, padahal meskipun saya punya bukti berupa foto tetap tidak bisa di tukarkan ketika sampai di Jepang. Alhamdulillah the power of sosmed ternyata ada yang pergi ke Osaka dan rumahnya di Jakarta tidak jauh dari rumah saya jadi bisa di bawain, minta tolong satpam ambil di rumah dan anter pake gojek kerumah teman sosmed yang mau ke Osaka"

Lanjut Ittinerary perjalanan kami part 2 yaa klik disini 👌

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Simak juga serba serbi Jepang




Posting Komentar

25 Komentar

  1. Wow...8 jutaan ke Jepang dah pakai maskapai SQ, hemat bangets ini, Mak!
    Dirimu detil ya infonya, sampai semua tercatat rapi. Recommended jadi panduan blog ini kalai mau pergi. Thank You, infonya Mak:)

    BalasHapus
  2. 8 jutaan aja wisata ke Jepang berhari-hari, emang top lah mbak Yeni ini cari-cari akomodasi irit tapi bisa menikmati banyak tempat/penginapan yang wow

    BalasHapus
  3. aw seruu, itu fotonya pake baju jawa asyik banget. Total deh mbaa^^
    detil nih ceritanya, btw itu greetingnya alhamdulillah basa enggreees yes hihihi
    bayangin pedesaan sepi enak banget ya pasti bersih bener di sana, kota aja bersih apalagi desa ya,makasih ya mba udah ditulisin ceritanya..bisa jadi guide story baca iniiiih

    BalasHapus
  4. makasih ya mbak udah dijelasin secara detail cerita perjalan ke jepangnya. pasti asyik banget bisa jalan-jalan ke jepang dengan banyak destinasi tapi low badget. mbak nya pinter nih cari akomodasinya. bisa dijadiin panduan nih buat nanti kalau mau liburan ke jepang

    BalasHapus
  5. Aku suka banget baca artikel ulasan Travelling seperti ini, bisa jadi inspirasi sekaligus memberikan informasi yang lengkap dan akurat karena berdasarkan pengalaman yang sesungguhnya. Jadi pingin ke Jepang juga tapi memang harus dipersiapkan secara matang apalagi saat ini masih pandemi, tentunya butuh biaya tambahan yang lumayan ya untuk bepergiaan ke luar negeri. Semoga pandemi cepat mereda dan bisa travelling lagi dengan bebas tanpa perasaan cemas.

    BalasHapus
  6. Baca perjalanannya sambil solawatin hehe, siapa tau bisa ke Jepang juga nih karena negeri impian yg bisa dibuat explore. Seru banget baca perjalanannya dan yg the power of sosmed itu, jadi cerita yg paling berkesan yah, kalau udah rezeki ngga akan kemana

    BalasHapus
  7. Wah senangnya bisa liburan sekeluarga di Jepang
    Pasti jadi pengalaman yang tak terlupakan ya mbak
    Apalagi hemat gitu

    BalasHapus
  8. Kak Gusti dan keluarga pakai kimono versi musim dingin yaa..?
    Rasanya meng-Japan sekalii..
    Seneng kalau travelling bisa mencoba banyak hal baru yang ditawarkan dari paket wisatanya.

    Kalau foto yang terakhir itu kenapa pakai baju Jawa, kak Gusti?
    Hihii...jadi inget Jerome Polin.

    Akutu kalau travelling paling hobi ngumpulin brosur-brosur gitu.. Kalau sering kaya kak Gusti dan keluarga begini, kebayang gak...berapa banyak brosur yang ada di rumah?
    Hihii...kaya brosur jalur-jalur kereta yang tercover oleh kartu JR Pass Matsumoto tuh..kece banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sengaja kak bawa baju jawa buat foto keluarga di Jepang tqu ga sehh itu jd tontonan orang jepang sampai kami belanja di mini market diajak bicara tp bhs isyarat pegang2 jarik baju hahaha seruu...

      Semua tiket2 masih aq simpen kakak sampai 2 album foto besar aku kumpulin itu saja msh numpuk di laci khusus traveling

      Hapus
  9. Wah, asik nih udah 3 kali ke Jepang. Pasti makin aware travelling ke sana ya. Ibarat kata udah pengalaman, hehehe

    BalasHapus
  10. Keren bisa dapat harga murah, jadi bisa puas sekeluarga traveling ke Jepang ya. Pengen juga nih belajar nyusun budgetnya biar bisa keliling dunia sekeluarga.

    BalasHapus
  11. seharusnya aku tahun 2020 bisa ke Jepang ada training eh Pandemi. September 2022 ini rencana mau ada lagi training di sana semoga bordernya udah dibuka ya ka. Doain aku jadi kesana taun ini makasi udah sharing ceritanya ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin 3x mb mir, semoga segera buka ya bordernya aku juga pengen balik lagi

      Hapus
  12. Aaah...seru bangett baca cerita family trip-nya. Anak2 terlihat sangat enjoy, Maaakk. Btw, tempat penitipan kopernya 500 ribu per harikah?

    BalasHapus
  13. Wah terhitung murah itu mak. Apalagi pake SQ. Aku pernah sekali naik SQ dan pengen lagi hahaha. Dari semua airlines SQ dan Thai favoritku. Soalnya makanannya enak hahaha

    BalasHapus
  14. Seneng banget bisa nemu blog berisi jurnal perjalanan kaya gini. Apalagi Jepang itu adalah destinasi yang pengen banget aku kunjungi bareng keluarga. Semoga satu saat beneran bisa kesana. Terimakasih untuk informasi yang sangat detil ini ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin mbakuu semoga terealisasi 🤲🤲

      Hapus
  15. Wah senangnya udah 3x ke jepang, aku yg belum sekalipun jadi makin pengen kesana hihi... Apalagi liat tulisanmu yg lengkap dan detail, ada harga-harganya. Termasuk murah sih menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyesss hemat dan destinasinya tidak biasa mak

      Hapus
  16. Y amapun terjangkau banget, terakhir tuh waktu saat sebelum pandemi dapat tawaran dari temen 13 juta kalau gak salah eh terus pandemi, aku ngeri. Padahal pengen banget bisa jalan ke Jepang. Mau ke desa tradisionalnya

    BalasHapus
  17. woaah, seru banget ini bisa traveling ke jepang bawa anak2! Alhamdulillah bisa kesana sebelum pandemi yaa.. semoga kapan2 aku juga bisa ajak anak2 ke Jepang, Aamiin..

    BalasHapus
  18. Wah jadi mupeng ke Jepang, harus nabung dulu nih, ke Jepang termasuk wisata wish list

    BalasHapus