Penyebrangan di Masa Pandemi, Perbedaan tiket Express dan Reguler Merak - Bakauheni PP November 2021 #penyebrangan #merakbakauheni



Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, semoga teman teman sehat semua. Kali ini saya akan mengulas tentang perbedaan tiket kapal Express dan Reguler untuk rute Merak - Bakauheni PP.


Sebelumnya instal dulu aplikasi tiket Ferizy karena tidak ada lagi pembelian tiket di TKP semua sudah berbasis online.
Ini isi aplikasi Ferizy terdiri dari
Pelabuhan Awal (pilihannya saya Bakauheni)
Pelabuhan tujuan ( saya ambil Merak)
Kelas layanan kalau Express biaya 588rb kalau Reguler 419rb
Pilih jenis pengguna jasa pejalan kaki atau kendaraan, saya pilih kendaraan ya, kalau 2 tahun lalu saya coba beli tiket pejalan kaki yang reguler, trip kemarin saya ambil tiket reguler pas berangkat dan pulangnya express.
Pilihan kendaraan saya pilih IVA (kendaraan berpenumpang dengan panjang < 5 meter.
Adapun pilihannya antara lain :
GOL I : Sepeda kayuh
GOL II : Sepeda Motor dibawah 500 cc dan grobak dorong
GOL III : Sepeda Motor diatas 500 cc dan kendaraan roda 3
GOL IV A : Kendaraan berpenumpang dengan panjang < 5 meter
GOL IV B : Kendaraan barang < 5 meter / pick up
GOL VA : Kendaraan < 7 meter (bus sedang)
GOL VB : truk, tangki / kendaraan barang < 7 meter
Waktu pilih saja yg agak lama misalkan prediksi sampai pelabuhan jam 12 ambil saja tiket jam 14.00. Ketika kita sampai di pelabuhan sebelum jam 14.00 tetep koo bisa langsung masuk ke kapal kalau tidak antri.

Jumlah penumpang diisi kalau mobil tidak berpengaruh dengan jumlah penumpang sih karena itungan bayar permobil bukan berdasarkan jumlah penumpang. Jadi kalau jumlah penumpang di mobil cuma 1 orang sebetulnya rugi karena bayarnya sama dengan isi full penumpang.
cek list bagian ini ya kemudian klik setuju dan lanjut pengisian data penumpang, plat nomor mobil dan proses membayar via mandiri, bri, bca, alfamart indomaret dkk.
tiket express seperti ini.

Setelah proses bayar nanti barcodenya di tunjukkan kepada petugas di pintu masuk dermaga. 

Urutan masuk kapal adalah
1. Masuk ke pelabuhan pastikan tidak salah masuk karena pelabuhan Express dan Reguler berbeda.

2. Scan barcode tiket yang telah kita beli kepada petugas pintu masuk dermaga

3. Barcode tiket di ganti dengan tiket fisik, untuk cek antigen juga disini pengalaman kemarin ketika di Merak tidak di cek sama sekali antigennya tapi ketika di Bakauheni di minta petugas kalau belum antigen bisa antigen di dalam ruang tunggu sekaligus cetak tiket di dalam juga. Kebetulan saya sudah sedia hasil rapid satu mobil cukup 1 penumpang saja cukup di tunjukkan kepada petugas sekalian scan barcode tiket, petugas akan langsung memberikan tiket fisik dan kita bisa langsung masuk antrian kapal.

4. Masuk antrian kapal kalau reguler ada 6 dermaga jadi mana yang sudah ready kapalnya kita kesitu, kalau express sudah fiks lokasi dermaganya.

5. Reguler ketika masuk kapal kebetulan tiket kapal reguler saya pukul.14.00 masuk.kapal pukul 13.00 alhasil kapal berangkat pukul 14.10 jadi menunggu lama di kapal 😭 total waktu tempuh jadi 3 jam 

6. Express setiap satu jam ada pemberangkatan dan waktu tempuh cuma 1 jam, persiapan turun 20 menit jadi 1 jam 20 menit.

7. Ruang tunggu di dermaga Express seperti bandara, bersih, bagus, ada mini market  playground, resto banyak pilihan
waktu itu dapat free aromanis
Fasilitas di dalam kapal Express
 - Sofa
 - Kursi bisa di stell
 - AC dingin nyaman
 - Musholla
 - Playground
 - Movie
 - Alfa express
 - Ruang klinik
- Ruang Menyusui
Didalam kapal express
8. Reguler untuk ruang tunggu di dermaga pengendara mobil tunggu di antrian luar untuk masuk kapal, kalau untuk pejalan kaki ruang tunggu standart banget, menuju kapal mesti jalan jauhhh naik turun tangga.
Fasilitas di dalam kapal reguler
- Musholla
- Kursi terbatas
- Ruang Lesehan ada
- Ruang AC dan tempat tidur susun biasanya berbayar lagi sekitar 10-25rb pengalaman 2 tahun lalu ya  kemarin kami nunggu di dalam mobil ketika kapal jalan
- banyak yang ngesot di sisi luar kapal
- Toilet 
- Masjid kebetulan kami denger azan ashar solat ashar di masjid kapal
 - Waktu tempuh lamaa sehingga berpotensi mabuk laut
Diarea parkir mobil di dalam kapal reguler

Untuk aturan antigen berdasarkan pengalaman pribadi.
Di Merak tidak ada pemeriksaan sama sekali misalkan di periksa mending ambil antigen di pelabuhan saja konon cuma 70rb/orang. Satu mobil cuma 1 orang saja.

Di Bakauheni sepanjang jalan mau masuk pelabuhan banyak yang nawarin diri antigen 100rb, banyak splang tulisan seperti itu. 

Kebetulan saya ambil antigen di Hotel Cilegon seharga 90rb dan ketika di Merak tidak di periksa pas balik di Bakauheni di periksa kebetulan tidak di cek tanggalnya jadi cuma nunjukin sekilas lanjut cetak tiket.

Sekian ulasan dari saya pilihan ada di teman-teman. Saya awalnya memilih reguler karena selisih harganya banyak tapi capek lelah bikin mabok karena lama menunggu. Balik ke jakarta anak2 request express karena pengen cepet sampai rumah.

Semoga bermanfaat 
Wassalamualaikum wr wb.

Komentar

Unknown mengatakan…
Matur nuwun informasi penting ini, Mbak Yen. Insya Allah terus bermanfaat. Sehat selalu ya Mbak Yen.. Aamiin.
Yustrini mengatakan…
Wah dicoba semua ya Mbak. Jadi bisa tahu perbandingannya. Selisih harga lumayan juga namun itu juga untuk membeli kenyamanan ya.
gustiyeni mengatakan…
Samaa2 semoga bermanfaat
Sulis Nashwa Kirana mengatakan…
Wah aplikasinya sangat memudahkan untuk membeli tiket, apalagi dimasa pandemi ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penularan. Oya pemandangannya bagus nih mbak, jadi ingin jalan-jalan juga😃
Maria Tanjung mengatakan…
Skrng zaman serba dimudahkan ya mbak. Ada apliksi utk membeli tiket saja sudah ada aplikasinya. Praktis banget
Cemil mengatakan…
Kok kapal Feri sekarang keren ya.. ada Playground nya segala. Sy trakhir nyebrang 20 thn yang lalu wkwkwk.. kudet bingit. Mksh sharingnya mbaa. Jd tau beli tiketnya pake aplikasi skrg
gustiyeni mengatakan…
Betull banget meminimalisir calo
Kata Nieke mengatakan…
Wah makasih infonya. Baru tau sekarang pakai aplikasi ini. Bdw kalau berangkat jalan daratnya via tur apa tetap pakai aplikasi inikah?

Postingan populer dari blog ini

ATURAN BARU 3 DESEMBER 2021 KARANTINA DARI LUAR NEGERI MENJADI 10 HARI & 14 hr dari 11 Negara tertentu, DETIL INFO SYARAT TERBANG DAN HOTEL KARANTINA

HOTEL DENGAN PROSOTAN DI KAMAR MENYATU DENGAN ALAM DI TENGAH HUTAN DAN KEBUN BINATANG

Jodoh Itu Misteri Cerita Pernikahan Kami yang mendadak dan Tanpa Menggunakan Adat Istiadat Jawa