Tas Randoseru, Tas sekolah anak yang di desain khusus untuk anak-anak di Jepang

Randoseru

Pasti kita pernah melihat film jepang atau Dora Emon, nah tas sekolahnya bentuknya hampir sama. Ternyata desain tas sekolah anak di Jepang itu khusus.
Tas anak SD di jepang disebut "Randoseru" (harganya uhukk jangan di tanya....)
Semua anak SD diharuskan memakai tas Randoseru ini sejak 150 tahun yang lalu.
mengapa??

Tas yang didesain khusus seperti tas tentara jaman dulu ini memiliki beberapa fungsi antara lain :
1. bentuk tas persegi dengan bantalan punggung bisa bikin postur anak SD lebih baik karena mereka akan berdiri tegap ketika memakainya

2. Tas ini memiliki sejenis pluit yang bisa diaktifkan anak SD ketika terjadi bahaya, supaya orang lain tahu dan bisa menolongnya

3. Ketika sang anak tenggelam tas ini bisa jadi pelampung

4. tas ini juga bisa melindungi kepala anak ketika jatuh terjengkal ke belakang akibat kecelakaan atau terpeleset di jalan

5. Material tas ini keras sehingga bisa melindungi isi tas dari goncangan

6. Harga tas ini WOWWW banget tapi kualitasnya bukan kaleng-kaleng. kisaran harganya mulai 2jt - 10 jutaan euyyy. Anak SD memakainya hingga lulus selama 6 tahun. Ketika SMP tas ini sudah kekecilan biasanya ada seragaman tas dari sekolah atau sudah bebas kalau sdh SMP.

Ketika di jepang karena jalan santai sering sekali di jam pulang sekolah melihat anak SD pulang sekolah sendirian naik kereta. Ada yang masih kecil, pernah ketika di Odaiba sudah malam udara dingin lihat satu anak sendirian jalan masih memakai seragam lengkap pulang sekolah.
Ketika perjalanan dari tokyo ke narita city sore hingga malam hari kereta banyak dijumpai anak yang baru pulang sekolah. Mungkin mereka sekolahnya di tokyo rumahnya di narita city dimana perjalanannya naik kereta lumayan 45 menitan.
Sejak SD anak-anak jepang sudah belajar mandiri dengan pulang pergi sekolah sendiri naik transportasi umum.
Docpri gustiyenifamtrip 2019
       Docpri gustiyenifamtrip.japan 2018

Sekian dulu teman-teman mungkin tertarik membaca ulasan familytrip mandiri ala kami di Jepang dengan TIKET MURAH boleh intip link dibawah ini ya :




Posting Komentar

21 Komentar

  1. Keren ya mbak tasnya dan menurut saya masih cocok apabila digunakan saat sekarang ini. Tapi sayang banget semenjak pandemi tahun lalu tas jadi sementara diistirahatkan ya mbak.

    BalasHapus
  2. Tas klasik anak sekolah ya mb, sepertinya muat banyak tuk bawa barang anak SD. Harganya wow banget, bahannya dari apa ya, sampe bisa jadi pelampung

    BalasHapus
  3. Wah ternyata tas Nobita bukan sembarang tas, banyak manfaatnya. Jepang memang selalu terdepan dalam hal inovasi.

    BalasHapus
  4. Wah, tas sekolah ini, walau harganya mahal, tapi memang sudah dirancang untuk keselamatan dan perlindungin bagi anak-anak juga ya, Mbak. Termasuk bisa jadi pelampung, juga melindungi kepala saat terpelanting. Ada pluit lagi saat ada tanda bahaya. Karena merasa terlindungi, maka anak-anak di Jepang pas masih SD juga sudah mandiri.

    BalasHapus
  5. Biasanya sih enggak sendiri tapi rombongan. Selalu didampingi kakak kelas biar ada yang jagain.

    BalasHapus
  6. Gila sih harganya untuk tas anak SD. Tapi kalau fungsinya bisa sebagus itu sih wajar ya. Lagian, kalau udah tinggalnya di Jepang pasti nggak akan merasa yang terlalu mahal untuk sebuah tas. Kan udah lumrah nya begitu kalau di sana. Hehehe

    BalasHapus
  7. Wah tasnya model klasik nih soalnya pernah liat di film2 latar sejarah. Harganya bikin ternganga mak-mak Indonesia wkwkw

    BalasHapus
  8. Wah keren ternyata tas khusus anak-anak Jepang yaa Mbak. Tas mereka multifungsi. Tidak heran, memang Jepang dikenal dengan inovasinya dan juga teknologinya diakui di dunia Internasional.

    BalasHapus
  9. Pantas saja semua tasnya sama ternyata sudah ada desain dari tas tersebut dan emang dibuat khusus untuk anak sekolah dengan memperhitungkan banyak hal. mantap sih ini

    BalasHapus
  10. Ya allahhh mupeng bangettt sama tasnyaa... keren banget memang jepang nih ya..

    BalasHapus
  11. Ternyata penampakan aslinya keren banget ya tasnya..
    Wah pantesan aja harganya juga sesuatu.
    Banyak pula manfaat tasnya

    BalasHapus
  12. Ya Allah baru tau dong aku fungsinya dan kenapa desainnya begitu, aku daridulu bilangnya ini tasnya Nobita hahaha pernah nyariii sampe kemana2 ngga pernah ada yang persis gini mbaaa.wkwkwkwkwk dapet tapi ngga persis ya mirip aja tapi yakin banget fungsinyaa ya cuma tas ngga multifungsi kayak tas anak jepang asli gni

    BalasHapus
  13. Akhirnya terjawab juga rasa penasaranku ketika melihat anak-anak Jepang ini kok tasnya mirip-mirip ya? Bentuknya persegi gitu. Ternyata multifungsi. Salut juga sih sama gaya parentingnya, anak TK aja sudah dibiarkan pergi sekolah jalan kaki sendiri. Kalau di Indonesia mah boro-boro yah.. ibu macam aku parnoan takut anaknya nangis gak tau jalan atau diculik orang.

    BalasHapus
  14. Ya Allah, ada ya tas ramah anak gitu. Jadi pingin beli satu buat anakku. Hihi.. Tapi liat harganya uwow juga ya

    BalasHapus
  15. Sering ntn film anime, kok gaya tas nya beda ya. Skrng baru tau rahasia nya, pantesan rata2 pake tas randoseru. Unik dan keren yg bisa sy ketik.

    BalasHapus
  16. Tasnya nobita hahaha mbak aku dulu pas masih sekolah juga pengen punya tas kayak gini,ternyata multifungsi banget ya, baru tau nih. Btw aku juga kagum sama cara ortu mendidik anaknya mandiri sejak dini, transportasi umum di sini belum selayak jeoang sayangnya :')

    BalasHapus
  17. Inget bangeeettt sama Tas Randoseru.
    Iya yaa... bahan tas ini pasti terbaik. Dan uniknya, sekolah di Jepang gak pakai seragam, tapi tasnya seragam.

    Eh tapi yang di foto kak Gusti itu kok anak-anak SDnya pakai seragam?
    Hehhe, Doraemon uda gak relate kah?

    BalasHapus
  18. temenku lagi kuliah di jepang, anaknya SD juga pakai tas kayak gituuu.. mana warnanya merah maroon. asli mirip ama chibi maruko chan :))

    BalasHapus
  19. Dulu pas aku masih kecil, pengen banget punya Randoseru ini kayak Nobita hahaha. Habisnya lucu banget, tapi alhasil beli tas-tas koperan gitu deh yang penting hampir mirip. Kualitasnya keren yaaa

    BalasHapus
  20. Kok keren sih ini, tp di indonesia kayanya blm banyak yg jual ya, padahal diliat dari fungsinya lengkap bgt, keren deh :)

    BalasHapus
  21. Sering lihat di kartun jepang tasnya kek gini. Kukira karena gambar anime aja jadi bentuknya kotak, eh ternyata emang desainnya seperti itu.

    BalasHapus