Jodoh Itu Misteri Cerita Pernikahan Kami yang mendadak dan Tanpa Menggunakan Adat Istiadat Jawa

Jodoh itu Misteri
Benar adanya, dulu dekat sama siapa jadinya sama siapa πŸ˜€πŸ˜€.
Saya dan suami dulu satu SMA di salah satu SMA negeri di Solo jawa tengah. Meskipun saya dan suami teman sekelas SMA pas kelas 3, tapi kami sama sekali gak pacaran lho. Jadi teman teman SMA pada kaget ketika tau saya menikah dengan teman satu angkatan.

Selepas SMA paksu melanjutkan kuliah di ITB bandung dan saya di UNS solo. Selang setahun reuni kecil kecilan kelas 3 sempat ketemu selanjutnya sama sekali lost contact.

Tiba tiba ketika saya akan seminar proposal, paksu menghibungi saya tanya soal dagangan (maklum saya dan suami dulu kuliah sambil cari uang dengan jualan, ngelesi dkk), dia dapat nomor dari salah satu teman SMA yang satu kampus dengan saya.

Komunikasi biasa karena sama-sama belum lulus padahal sudah 5 tahun lewat, kami sama2 sibuk kuliah sambil bisnis jadilah saling menyemangati supaya bisa segera lulus.

Pada akhirnya yang lulus paksu duluan dan langsung kerja, selang 6 bulan akhirnya sayapun lulus. Kebetulan perusahaan IT dia banyak dibutuhkan consultant IT saya iseng daftar eee ketrima, kebetulannya lagi kami di tempatkan satu lokasi. ( belum ada kata jadian lho yaa ini).

Seiring berjalannya waktu paksu sih sudah mengungkapkan rasa dan mengajak nikah tapi saya masih pengen berkarir dkk belum mantep juga hati masih pengen memilih yang lainπŸ˜†.

Gatau kenapa di Idhul Fitri 2007 secara tidak sengaja dimintai tolong ibu teman suami yang lagi sakit ke ustadz langganannya. Pak ustadz bilang ke saya besok hari Idhul Adha hari yang bermakna buatmu sudah sih gitu aja.

Dan tidak tau kenapa sepulang dari pak ustadz berhari2 seperti mimpi atau apalah supaya saya mengiyakan segera menikah di hari Idhul Adha 2007. 

Yaap secara mendadak saya mengiyakan mengajak nikah bertepatan dengan hari raya Idhul Adha 2007, hanya 2 bulan saja persiapan kami. Keluarga kaget gada angin gada hujan minta nikah, pada takut jangan jangan hamil duluan sampai di sumpah gak hamil kokπŸ˜€.

Persiapan mendadak semua saya handle dari jawa timur tempat saya bekerja pokoknya keluarga terima beres. Baju sengaja beli sederhana murah dan bisa dipakai acara apapun syukur2 ketika ichi menikah masih bisa dipakai πŸ˜€. Benar benar pernikahan saya waktu itu tanpa ada adat jawa, meski orang tua jadi bahan pergunjingan tapi cuex semua nurut sama anaknya sih. Alhamdulillah setelah pernikahan kami banyak tetangga yang ikut-ikutan.

Biasanya adat jawa ada midodareni, pake janur dkk. Saya sama sekali tidak ada, H-1 mau nikah dirumah seperti biasa tidak ada yang spesial sampai tendapun tidak ada. Pelaksanaan Ijab Qabul di RM Nikmat Rasa Tipes Solo selepas Sholat Idhul Adha, dilanjutkan resepsi di tempat yang sama. Alasan di RM Nikmat Rasa karena satu satunya tempat yang bagus, ber-AC, include kursi dan dekorasi pengantin tapi biasa murah hanya dikenakan biaya konsumsi saja lho. Jadi gedung dekorasi free, sudah gitu lokasi strategis pinggir jalan raya. Menu makanannyapun gak mahal dan enak. Pokoknya ga ribet tinggal datang doang.

Maharpun simple tanpa ada uborampe yang biasanya mahar dari kepala sampai kaki, uang juga tidak ada. Karena ketika kuliah saya sempat membaca buku bahwasanya memudahkan mahar itu yang mulia. Cita cita dan keinginan saya simple pengen keluarga sakinah mawaddah warrahmah suami perhatian pengertian saling bahu membahu.
Mahar sayapun simple QS Al-Hajj ayat 77-78 pernikahan nuansa lebaran serba putih baju muslim dan koko tanpa sewa perias. Makeup sendiri secara sederhana. 
Kenapa tidak sewa baju pengantin/membuat baju nikah wah?? Banyak yang beranggapan nikah itu jadi ratu raja sehari harus wah dunk...

Nah dulu itu pemikiran saya simple cari baju nikah yg longlasting bisa di pakai lagi buat acara apapun atau buat anniversary kami masih bisa. Jadilah baju muslim cewek dan baju koko buat cowok, seragam keluarga juga sama baju koko putih murah meriah tapi elegance. Kami menikah dengan biaya sendiri berdua jadi tidak mau selepas nikah punya hutang, orang tua kamipun tidak berpenghasilan, pokoknya orang tua duduk manis saja. Inti dari nikah itu ijab khobul sah dan banyak yang mengetahuinya, tujuan berikutnya langgeng sampai ajal memisahkan.

Alasan pelaksanaan bertepatan dengan Idhul Adha selepas sholat Ied, karena prosesi Ijab Khobul itu suatu perjanjian dimana malaikat turun nah bayangan saya lebih afdol lagi seluruh umat muslim bertakbir mengiringi perjalanan saya dan suami menjadi pasangan halal. Banyak tamu protes kenapa sih mesti menjelang siang kan banyak yang terlibat kegiatan pemotongan hewan Qurban di masjid seputar rumah πŸ˜€.

Anak pertama saya pernah berkomentar ketika mengikuti prosesi pernikahan Om-nya setahun lalu, "Ribet banget ya bun acara nikahnya, bunda dulu gitu juga gak sih?"
Oooh tentu tidakk bunda mah simple.

Alhamdulillah 14 tahun baju pengantin kami berdua masih muat dipakai πŸ˜€. Semoga kami bisa segera bisa anniversary di tanah suci dg melaksanakan ibadah haji 🀲🀲🀲. 

Selama 14 tahun menikah Alhamdulillah Allah mudahkan cita cita kami untuk selalu pergi kemana mana mengajak anak2. Mertua berpesan keluarga itu kalau bisa selalu bersama, ikuti suami pergi taklupa anak anak diajak serta.
#history#loves

Posting Komentar

25 Komentar

  1. Happy Anniversary mbak Yen, semoga langgeng terus ya sampai ajal memisahkan. Saya juga nikah sama teman sekolah satu kelas ga pernah tegoran, jodoh emang ga ke mana ya, sekarang berasa jadi anak sekolahan terus hahaha 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ˜†πŸ˜†iyaak mbaa, semoga langgeng juga ya mb buat risma dan suami 🀲🀲

      Hapus
  2. masyallah yaa Mbaak berkahnya kerasa sampai sekarang..mempermudah mahar dan membantu org tua dalam biaya pernikahan.. bisa jalan2 kemana2 sampai keluar negeri.. langgeng terus ya Mbak.. keren bgt ntar pas anniversary pas di makkah.. amiinn

    BalasHapus
  3. Barakallah, Mbak Yeni. Semoga selalu sakinah mawaddah warahmah till jannah. Saya pun menikah dengan suami yang teman SMP/SMA 🀭 Padahal zaman sekolah dulu enggak kenal πŸ™‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya jodoh yaa mba misteri 🀩 doa yang sama buat mbak monica dan suami ya

      Hapus
  4. Luar biasa. Menyatukan tradisi 2 keluarga besar yang berbeda tentunya tidak mudah. Sepertinya suami juga memiliki hobi travelling ya, jadinya Travelling terus keliling dunia hehe... Semoga berkah selalu sekeluarga. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin3x makasih doanya pak, Alhamdulillah dari hobby dan model keluarga sama bahkan ayah kami sifatnya hampir sama.

      Hapus
  5. Menarik sekali kisahnya. Meski dadakan yang penting semua lancar. Setuju banget nikah itu bikin simple aja. Yg penting langgeng terus :))

    BalasHapus
  6. Cerita yang sangat menarik. Menikah dalam waktu 2 bulan aja? Wow. Aku aja pikir 2 tahun sebelum nikah hihi. Tapi memang jodoh misteri. Semoga bahagia terus ya mbak :))

    BalasHapus
  7. Memang ya mbak, jodoh itu kadang tak diduga dan tak dikira. Semoga langgeng terus, sehat terus, bahagia bersama keluarga tercinta, sakinah mawaddah warahmah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull mba, amin3x doa yg sama buat mb reni sekeluarga

      Hapus
  8. MasyaAllah... berkah ya mbak pernikahannya sampai sekarang. Happy anniv πŸ€—

    BalasHapus
  9. Co cwiit cerita ketemu jodohnya yg ternyata temen lama yaa. Semoga langgeng mbak & masnya πŸ€—

    BalasHapus
  10. Iya betul mbak, nikah itu yang penting ijab kabul dan jangan sampe berhutang sehabis nikah. Kebanyakan sekarang mah kebalikannya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah bener banget mbaak, kasian yaa fenomena sekarang habis resepsi pernikahan hutang numpuk, teman2 mertuaku banyak yang spt itu.

      Hapus
  11. Wah keren mbak ceritanya samawa ya sampai akhir

    BalasHapus
  12. Saya suka banget dengerin cerita pasutri ketika awl bertemu. Cerita mba unik nih. Semoga bahagia ya mba keluarganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin3x doa yg sama buat mb maria sekeluarga πŸ₯°

      Hapus
  13. Subhanallah semua punya cerita indah nya ya mba.. samawa selalu seperti yg di harapkan.. semoga saya bisa mencontoh hal baik ini

    BalasHapus