Followers

Jumat, 11 Juni 2021

Yeay Akhirnya EROPA 2018 (Perancis & Swiss)


Alhamdulillah my dream comes true...EROPA...
Sekedar berbagi informasi liburan kami ke eropa 23 maret - 1 April 2018 dengan 2 dewasa 2 anak (usia hampir 6th dan 8th). 

Rincian Biaya :
1. Berawal dari 1 juni 2017 hunting tiket traveloka PP paket tiket+hotel start Kuala Lumpur - Paris plus hotel Explorer Disneyland Paris selama 4 hari 3 malam total 4 orang Rp. 30.999.900 ( maskapai Saudi Arabia Airlines transit 4 jam di Jeddah)

2. Tiket jakarta - kuala lumpur PP males ribet langsung ambil paketan lagi tiket+hotel semalam ketika pulangnya, Rp. 6.300.000 Malaysia Airlines ini tidak murah banget yaa karena kami cari maskapai full service plus tanggal yang sudah kami tentukan karena tiket no.1 sudah ditangan

3. Asuransi Alliance Basic Schengen Family Rp.321.000

4. VISA urus sendidi dengan biaya :
  - 2 dewasa @Rp. 943.400
  - 1 Anak usia 6-12th Rp. 550.300
   - Anak dibawah 6th GRATIS (Ranggi masih GRATIS
- Biaya Administrasi @380.000 x 3 org
Cara pengurusan Visa Schengen kita bahas nanti ya halaman tersendiri.

5. Tiket kereta dari Paris - Geneva swiss menggunakan TGV Paris (Gardelyon - Geneva). Tiket langsung dicetak di indonesia via web happyrailpass total 4 org x Rp. 2.661.000

6. Tiket flixbus via web www.flixbus.com tiket juga langsung dicetak sendiri ya. Tiket ini saya ambil untuk jurusan Mulhouse ke bandara paris CDG ketika akan kembali. Biaya 4 org x 27 euro : 108 euro (kurleb 1.850.000) biaya admin 2.49 euro 

7. Tiket Disneyland Paris 2 theme park, beli online di www.disneylandparis.com yang magicpass harga 246 euro (dewasa 64 anak 59) kurleb 4,3 jt.

8. Swisspass family 3 hari 225 chf / org x 2 dewasa : 450 chf (kurleb 6,6 jt) anak2 gratis.
9. Paris visite pass 2 hari zona 1-5, total 126,6 euro (kurleb 2,2 juta) dengan rincian
- Dewasa 42,20 euro/org
- Anak 21.10 euro / org
10. Tiket eceran Disneyland paris ke Gardelyon Paris 22.8 euro (kurlen 440rb)

11. Tiket eceran  beli di Basel untuk rute Basel - Mulhouse 4 orang total 30 chf (kurleb 440rb)

12. Apartemen di luzern 120 chf semalam di HITrental Almend Comfort kurleb 2 malam 3,5 jt
13. Titip koper di loker stasiun luzern 9 chf (130rban)

14. Taksi bandara kuala lumpur ke hotel KL pp 180 RM

15. Kartu selama di eropa JAVASIM di toped 390rb tapi di swiss tidak bs dipakai.

16. Web www.rome2rio.com dan googlemap sangat membantu kami

17. Total makan cemilan belanja coklat di eropa dan malaysia Rp. 5.720.000

Total semua 80jt kurang (2 dewasa 2 anak)

Pengalaman perjalanan kami :

1. Landing di paris kami langsung membeli tiket paris visite untuk 2 hari, karena hotel kami berada di zona 5 alias di hotel explorer disneyland paris pinggiran kota paris. Paket tiket di paris berdasarkan zona. Jalur kereta di paris mudah sekali kok. Dengan kartu paris visite kami bisa bolak balik penginapan ke menara eiffel, louvre, arx de triomphe, val d'europe dkk). Karena perjalanan di pesawat lama dari Kuala lumpur ke jeddah sekitar 7 jam di pesawat dapat makan minum dan suvenir anak2, landing di jeddah di ruang tunggu dapat lagi minum dan makan boleh diambil boleh tidak. Perjalanan berikutnya Jeddah - Paris kurang lebih 7 jam lagi dapat makan minum lagi. Karena anak anak banyak tidur sehingga makanan di pesawat saya bungkus Alhamdulillah begitu landing di paris, udara dingin langsung menyapa kami sehingga membuat perut keroncongan, menu di pesawat kami makan lumayan ada roti selai jus, kayak semacam steak daging.

2. Hari ketiga dan ke empat kami maksimalin bermain di disneyland. Disneyland paris ini ada 2 theme park : disney studio yang berisi proses pembuatan film seperti kebakaran, kebanjiran, tabrakan dkk. Satu nya disneyland park alias castle disney dan kartun kartun disneyland. Disneyland paris ini memang lias sekali kebanyakan penduduk sana menginap di hotel seputaran disneyland karena memang sehari gak cukup. Hotel di seputaran disneyland banyak pilihan dan tersedia shuttle bus jadi jangan khawatir kalau dapat yang lokasinya jauh.
Disneyland studio tutupnya lebih awal ya jadi kalau beli tiket 2 themepark mending ke Disneyland studio terlebih dahulu baru ke satunya sampai penutupan kembang api. 
Nyaman kalau beli tiket 2 hari bisa bolak balik ke hotel kalau dirasa capek.

3. Hari berikutnya kami menuju geneva swiss, dari disneyland ini kami beli tiket ketengan menuju stasiun Gardelyon, karena tiket paris visite kami sudah expired. 
Dari stasiun Gardelyon kami menuju jalur kereta ke geneva swiss. Tiket ke geneva swiss kami pakai TGV, waktu perjalanan kurang lebih 3,5 jam.
Selama di swiss kami menggunakan swiss familypass selama 3 hari, bebas kemana saja menggunakan bus, kereta dan destinasi wisata gratis yang di sarankan. Destinasi wisata gratisnya waktu itu ke gunung rigi, gunung schilthorn, gunung pilatus, museum coklat, museum transportasi dkk.

Kami ambil hari kedua ke gunung schilthorn tmp syuting james bond, kereeen selama perjalanan kami di suguhi pemandangan yang menakjubkan, kami pindah kereta, gondola, main salju. Hari ketiga kami ke gunung rigi transportasi semua di cover swiss familypass Destinasi yang kami datangi ini keren waktu itu tidak kami temuo turis indonesia selain kami, dan relatif tidak ramai tempatnya.

A. Urutan perjalanan kami menuju Schilthorn & piz gloria tempat syuting film james bond, dimana di puncaknya terdapat restaurant yang berputar 360 derajat sehingga kita bisa melihat pemandangan luar biasa. Sayang ketika diatas hujan salju lebat dan angin hingga menutup pemandangan.
Start awal kami dari stasiun lucerne menuju Grutschalp. Di Grutschalp ini pertama kali seumur hidup kami memegang dan bermain salju. 
Ndesoo berjamaah anak anak antusias main salju sampai kami lewatkan kereta menuju murren, kami menunggu kereta berikutnya demi main salju terlebih dahulu.
Dari Grutschalp ini kami melanjutkan perjalanan naik kereta lagi menuju murren. Bisa sih hikking seperti salah satu nenek di belakang kami, tapi stamina kami belumlah siap untuk hikking di tengah salju yang tebal.
Dari murren kami naik kereta gantung menuju gunung schilthorn.
Nah sampai ini satu stasiun sebelum puncaknya dan sampai sini putihh hujan salju angin kencang ngeri ngeri sedap.
Disini kalau tidak hujan salju pemandangannya cakep, dibawah saya berdiri plat besi berlubang dibawahnya langsung jurang.
Orang orang pada meluncur ke bawah bermain ski.
Restaurant di puncak disini kami menghangatkan diri karena kaos kaki, jaket, celana basah setelah main salju plus kehujanan.
Ini gambar gloria piz restaurant yang bisa berputar 360 derajat merupakan puncak schilthorn tapi apa.daya ga kelihatan karena sangat putihhh hujan salju lebat angin kencang.
Ini Gimmelwald yang terletak diantara stechelberg dan murren. Ini adalah jalur kami dari puncak, sengaja kami lewat jalur yang berbeda dari jalur berangkat. 
Gimmelwald ini adalah desa cantik yang hanya bisa dijangkau dengan kereta gantung atau hikking melewati lembah lembah. Disini banyak penginapan karena pemandangan di desa ini cantik.
Ini kereta gantung yang kami naiki.
Setelah berhenti di Gimmelwald kami melanjutkan perjalanan menggunakan kereta gantung kembali menuju Stechelberg. Nah dari sini kami naik bus lanjut ke kota bern.

B. Urutan perjalanan kami ke Gunung Rigi start dari stasiun luzern menuju danau naik kapal menuju Vitznau.
Didalam kapal
Sampai di Vitznau lanjut naik kereta yang sudah menanti kami.
Ini model kereta dimana full kaca kanan kiri depan belakang. Fungsinya supaya penumpang bisa melihat pemandangan yang indah, karena ini kereta nanjak naik ke gunung rigi.
pemandangan naik naik ke puncak gunung rigi, itu danau lucerne dimana kami tadi naik kapal menyusuri danau lucerne.
Didalam kereta mulai salju terlihat
Sampai di atas salju tebal sekali ini salah sau restaurant di puncak rigi tutup karena timbunan salju.
Setebal ini saljunya.
Itu kereta kami ketika kembali dengan jalur yang berbeda tentunya supaya bisa melihat pemandangan yang berbeda.
Jalur pulang 
Pemberhentian terakhir disini.
Dapat suvenir coklat ketika sampai di stasiun terakhir sebelum kami pindah kereta menuju stasiun lucerne kembali.

4. Total tempat yang kami kunjungi di swiss adalah serangkaian perjalanan ke gunung schilthorn, gunung rigi, lucerne lake, geneva, bern rumah albert einstein, basel, museum, kapel bridge.
rumah albert einstein yg dijadikan restaurant

5. Pulangnya di hari ketiga kami maksimalkan swissfamily pass sampai batas kota antara swiss dengan perancis yaitu Basel. Nah dari Basel ini baru kami beli tiket ketengan ke stasiun kota perbatasan swiss dan perancis bernama Mulhouse. Sehingga tiketnya ga begitu mahal, dari Mulhouse kami naik.flixbus menuju bandara paris. 
Sampai Mulhouse tengah malam dan malam malam kami menunggu flixbus yang jauh jauh hari sudah kami beli tiketnya. 
Masuk flixbus kesempatan buat tidur malam sampai bandara CDG Paris sudah pagi.

6. Untuk makan kami lebih sering memasak, belanja di supermarket, beli roti, susunya segar sekali, buahnya juga segar

7. Sarapan di disneyland explorer paris cereal, buah, susu, keju, roti jangan harap ada nasi yaks hehehe

8. Kami bawa majicjar traveling dan bawa sedikit beras. Untuk koper kami hanya membawa 1 koper, 1 ransel dan tas jinjing saja karena di paris ada tangga stasiun yg.pedihh alias tidak ada eskalatornya so kami prepare jauh jauh hari packing baju sesimpel mungkin. 

Sekian dulu yaa...
Ini ulasan yang copy paste dr www.gustiyenitrip.blogspot.com karena lupa pasword jadi saya ganti blog saja ya. 

13 komentar:

Mugniar mengatakan...

Mbak, penasaran dengan foto foto di Gunung Schilthorn, yang mana ya? Seperti apa ya pemandangannya?

Ranggi's Travel Story mengatakan...

Terima kasih mba masukannya, sudah saya tambahi ya.

Lisdha www.daily-wife.com mengatakan...

eh ada mb niar di siniiiii....

Risma Purnama mengatakan...

Asyik banget ya tour Eropa, asal sudah punya Schengen aja, bawaan pengen cus aja. Dari beberapa kota di Eropa yang saya pernah datangi justru Paris yang paling rempong rute keretanya, juga tangganya itu loh bikin jipper apalagi kalok bawa koper 🙄🙄, ampun dah. Tapi Paris asyik bgt, romantis habis, tempat belanjanya wow bgt. Thanks for sharing, saat ini cuman bisa mupeng, virtual trip aja 🤣🤣🤣

Cemil mengatakan...

Senangnya ke Eropa backpacker sekeluarga. Btw apa tipsnya biar gak rempong bawa bocah²? 😁

gustiyeni mengatakan...

Ada banget dunk nanti dibahas disini sebetulnya banyak saya bahas di youtube Gusti Yeni Famtrip beserta contohnya detil, di ig @kusumaningrumgusti juga ada.

gustiyeni mengatakan...

Itulah mbakuu kami ber4 tau ga cuma bawa 1 koper 1 ransel lho, karena siap2 rempong sendiri kalau koper banyak. Ikuti di youtube baju di kecil2 gitu padahal isinya baju musim dingin krn main salju sama baju princes buat di disneylan n baju karaktet donald dkk ditambah majicjar traveling bekel lauk rendang teri hehehe

gustiyeni mengatakan...

Saling kenal ya mamm

Mutia Erlisa Karamoy mengatakan...

Wow senangnya ya bisa traveling bareng keluarga ke Eropa plus bisa lihat salju, jadi semangat lagi semoga pandemi segera berlalu dan bisa famtrip lagi bareng anak-anak, udah hampir dua tahun ngak pergi jauh-jauh

Maria tanjung sari mengatakan...

Senengnya bisa jalan jalan ke eropa ya kak. Experience yg sangat berharga ini. Dan bisa dijadikan kenang kenangan tulisan di blog

gustiyeni mengatakan...

Amiin amin amin smg bs geret koper lg ke negara orang

gustiyeni mengatakan...

Iyaa Alhamdulillah

Waode1453 mengatakan...

Masya Allah... Serunya yang bisa Eurotrip bareng keluarga. Shalawatin deh semoga nular ke keluarga saya juga.

Lihat foto-foto nya keren banget. Tulisan Mba Yeni tentang tempat dan biayanya bermanfaat banget bagi yang mau buat itinerary.

Doain ya Mba biar bisa Eurotrip juga...

Paket Komplit Pengalaman Naik Balon Udara Pertama di Indonesia, Rafting, Trekking Air Terjun, Berendam Air Panas Alami, Waterpark Seru, Camping Dan Glamping

Assalamualaikum teman teman semuaa.... Kali ini saya akan menceritakan pengalaman terbaru kami semua serba baruu tapi tidak dengan tempat ya...