Cara Pengurusan Paspor Hilang Di Luar Negeri


‎بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

PASPOR adalah Nyawa kita, identitas kita ketika di Luar Negeri, jadi jaga baik-baik ya teman-teman.

Kejadian yang menimpa suami Mbak Adelia ini semoga bisa menjadi pelajaran buat kita semua, dimana rute perjalanannya adalah :

- Surabaya  - Kuala Lumpur
- Kuala Lumpur - Turki
- Turki - Jeddah
- Jeddah - Kuala Lumpur
- Kuala Lumpur - Jakarta

Tiketnya multicity alias menyatu yang dari Kuala Lumpur sampai kembali lagi.

Nah ketika di Turki kehilangan Paspor beserta tasnya  jadi emang Turki itu rawaan sekali pencopet seperti Eropa.

Langsung hubungi KBRI negara tersebut yaa  biasanya ketika kita landing di suatu negara ada notif sms alamat dan no KBRI kalau terjadi sesuatu.


Syarat Pengurusan Paspor sementara 

SPLP = Surat Perjalanan Laksana Paspor alias paspor sementara ketika paspor kita hilang di Luar Negeri.

- copy KTP
- copy KK
- copy paspor yg hilang
- copy akta lahir
- Pas photo

Biaya 7 $ kurskan dengan rupiah ya...

Dari syarat diatas berarti kalau ke LN kita siapkan yaa di koper copyan diatas buat jaga2, sama simpen softfile di gdrive/email.

Buat jaga-jaga juga beli tas seperti ini
Cari saja di Google Tas nempel badan...

Ini punya saya dimana ada 3 kantong yg lentur sekali bisa buat simpan paspor dan dompet biasanya dipake suami di dalam kaos, kalau mau transaksi ambil dompet ke toilet dulu atau ruang ganti, atau bawa uang secukupnya di saku celana terdalam.



SPLP ini hanya bisa dipakai pulang tanpa boleh mampir negara lain.....

Jadi kalau diilihat dari tiket Mbak Adelia harusnya membeli tiket baru yang langsung Turki ke Jakarta....

Yukss simak kisahnya terlebih dahulu ya...

Kilas balik berawal dari dm di hari Minggu 5 November 2023, saya mengira tanya gimana cara umroh mandiri? Seperti biasa orang2 pada dm...

Maaf soalnya dm banyak jadi tulisan tinggal copas aja, eeeh ternyata curhat kalau paspor suaminya hilang di Turki auto kaget kasian keinget kejadian yang saya alami Jr Pass ketinggalan di rumah sedang kami sudah di Changi, Keringet dingin gabs bayar taksi di NX cash habis kartu decline, ke jajaran mesin ATM ga bisa semua padahal adaa saldonya beberapa ATM, waktu mepet terbang....


Nah langkah apa yang dilakukan Mbak Adelia waktu itu....

Nego supaya bisa lanjut perjalanan umroh memang aturannya TIDAK BISA, tapi tidak ada salahnya di coba...dikasih saran buat visa umroh baru dengan nomor SPLP...karena visa umroh cepat bisa 4 jam jadi Alhamdulillah bisa keluar tapi mesti ada dramaa dulu sedikit molorr dari waktu yang dijanjikan itu sempet deg-degan karena pesawat terbang jam 10 malam...

Jalur langit tak henti doa, sedekah dan nazar 1 kambing dibagikan kalau lolos masuk.jeddah....meski agak alot Mb Adelia cerita kejadiannya kepada petugas akhirnya lolos Alhamdulillah.

Kronologis kisahnya saya copas dari tulisan Mbak Adelia di Whatsapp ....


Tanggal 3 November 2023
Landing di Istanbul sekitar Pukul 10 malam langsung menuju Hotel untuk beristirahat.

Tanggal 4 November 2023

Sholat Shubuh di Ayashopia kemudian lihat-lihat di seputaran situ, duduk di  taman air mancur sambil menunggu teman yang akan mengajak jalan - jalan.

Nah ketika bertemu teman, otomatis berdiri dunk untuk salaman, posisi tas di kursi belakang badan suami Mb Adelia, tidak lama salaman mau berfoto ria nah tas suami Mba Adelia sudah lenyap dalam hitungan tidak sampai 5 menit.

Kursi bersejarah dimana semua berawal dari sini

Auto panik karena isi tas barang-barang penting sejak landing belum di bongkar-bongkar, isi dalam tas antara lain dompet, identitas, uang, Ipad,.Iphone, Airpods, Powerbank, Kacamata, Jam Garmin, Paspor suami Mb Adelia & Charger.

Lapor Polisi terdekat...

Lapor ke pos polisi dekat taman, cek CCTV yang mengarah ke kursi yang diduduki tadi ternyata mati.

Membuat Laporan Kehilangan di Kantor Polisi area tersebut, lumayan jauh jalannya, seperti di Indonesia Laporan kehilangan berisi tentang apa saja isi didalam tas kemudian di foto muka.

Laporan ke polisi turki respon nya kurang banget, ntah kurang atau memang cuek sama  touris apalagi indonesia, pokok’nya bikin sakit hati.

Pulang dari kantor polisi balik ke hotel, suami Mba Adelia marah-marah tidak jelas krn smua dokumen lenyap, gak percaya, sampai akhirnya kami ketiduran setelah sy urus blokir smua atm ,nomer hp dan data-data penting. Wajar sih karena seolah-oleh disitu nyawanya semua pekerjaan di Ipad Hp.

Hari itu tidak pergi kemana-mana rasanya sudah tidak berdaya untuk sholat ke masjid akhirnya memutuskan sholat dikamar sampe isya’

5 November 2023 

Tepatnya di hari minggu sudah tidak tahu harus kemana, pikiran ngeblank, semua ittinerary gagal total seperti tidak ada daya kekuatan.

Mb Adelia dan suami muhasabah diri berdua , menenangkan diri berdua, kalau strees malah tidak menemukan solusi, kontak temen sana sini.

Banyak yang bilang kalau kejadian seperti ini urus SPLP ke KBRI  tapi harus pulang indo tidak boleh rute salanjutnya”.

Semakin down, makin stress, “masa tidak jadi umroh”.

Mencoba semua dikontak dan menghubungi.mutowwif menawarkan Hotel Mekah Medinah yang non refund, barangkali laku lumayan buat kami membeli tiket baru untuk kembali dimana harga tiket sudah wow banget.  

 gak bisa, dan waktu bersamaan di telp mba rahma temennya kmrin bisa lanjut jeddah dengan splp, tp tiket pulang jeddah langsung ke Indo, lha sy kan tiket sy dr KL , pulangnya juga dr KL

Tiba - tiba dm saya pertama kali  karena tidak punya nomer wa, awalnya salam dulu terus biasa saya jawab lanjut kasih link ulasan umroh mandiri 🤭🤭

Kata Mb Adelia rada sebel tapi setelah itu beliau curhat kisahnya auto kaget saya langsung saya screenshot ke group nah nyambung sama Mbak Rahma punya pengalaman Turki lanjut umroh teman segroupnya paspor hilang, berdoa bareng-bareng akhirnya negoo endingnya bisa umroh...

Kan kan ada angin segar yaaakss...langsung saya dm Mb Adelia tapi slowrespon saya bilang kisah Mbak Rahma dan saya kasih no wa saya supaya kita wa bertiga...

Akhirnya nyambung kami telfon2an, Mbak Rahma juga saya kasih nomor Mba Adelia adaa secercah harapan.

 
Komen mba Adelia menanggapi jawaban saya awal2 dia menyapa 😂😂

lha kok malah sy dikira mau tanya2 umroh mandiri, “silahkan liat di postingan sy,sy gak jualan kyk travel2 atau gmn jawabannya mba gusti kmrin, respon spontan di hati sy, “nih org gini amat sih cm minta nomer wa, di tembak gitu jawaban’nya” 🤣🤣 maap ya mba gusti 🙏🙏”

😁🙏🙏maaf ya Mbak Adelia krn DM banyak jd saya copas copas setelah tau kisahnya auto kaget...

Akhirnya kami ngobrol ternyata teman saya sekelas SMA teman suami Mb Adelia kuliah, kami mencari solusi tak lupa jalur LANGIT karena Allah Maha Kuasa kan....



Chat kami karena hanya dengan jalur langit kita minta pertolongan, berdasarkan pengalaman saya pribadi sering kali di menit trakir pertolongan Allah datang.
Muhasabah lah lagi kita dengan saran-saran saya, trs memutuskan : kejadian ini  juga harus di barengin ikhtiar langit, kita sadar diri kita banyak dosa, kl misal ujian yg terjadi ini di kait2kan dengan satu dosa aja lha dosa lainnya masak gak ambil peran dlm ujian ini ??? Ya akhirnya sholat taubat, sholat tahajjud, dan jalur2 langit lain2nya gitu lah

Wujud ikhtiar Mba Adelia selepas subuhan di Turki...minta doa ke anak yatim memberi bantuan, malam sebelumnya ada yasinan didoakan bersama2....(dari banyak kejadian yang sudah2 Alhamdulillah banyak yang dapat solusi versi Allah)
Tiba - tiba hp mb Adelia berbunyi alarm keberadaan iphone suami krn emailnya nyambung ke hpnya, Ikhtiar mengejar pake tramway, dan apa yg terjadi ??? 

Hp suami Mbak Adelia sdh di konter hp 🥲, sedih, mereka tidak mau ngaku, mereka bilang “ini bukan punya kamu, ini kita resmi” kok ya pas apesnya juga,  tidak sempet ngecek kode imei’nya hp. 

Tp kl pun memang benar pasti mereka tidak akan ngasih cuma2, dan ketika  bilang “berapa saya beli”, ntah  kurang jelas atau gmn, kl gak salah 28jt atau brp gitu, pokok nya harga gak wajar lah, dan akhirnya pulang dengan tangan kosong, trs selanjutnya coba mencari keberadaan airpods, di cari di lokasi di sebuah minired cafe deket ayashopia,  tanya yg di situ juga gak ada yg ngaku, wes lah capek seharian ngejar2 iphone sm airpods, kl ipad hari minggu nya sdh gak terditek
   Hp yang sudah ada di toko.jual beli second

6 November 2023

Senin, plan’nya ada meeting sm rekan kerja, tp krn ipad yg di dlm ada bahan2 presentasi ilang, suami Mbak Adelia sudah gak semangat lagi utk kerja, akhirnya ke KBRI mengurus SPLP, minta tolong utk dbuatkan surat rekom atau apalah gitu agar bisa rute jeddah dl.

Tapi jawabannya tetep sesuai prosedur KBRI harus pulang indo ( alot nego’nya ),trs krn sdh capek lemes, wes kayak tampang melas bilang “gmnlah pak ade ( org KJRI ),sdh habis2an sy di sini, obat kami cm 1 , kami tolong diizinkan ke Baitullah dl sebelum pulang Indo, maka smua yg ilang itu tidak akan arti’nya lagi, kami mau taubat di sana, mungkin ada dosa yg tidak kita sadari akhirnya di uji seperti itu”. mungkin krn liat muka sy dia jadi kasihan, akhirnya beliau bilang, “ibuk, sy cm kasih saran, tp ini tidak bisa menjadi acuan ibuk lolos, coba apply visa lagi yg sesuai dengan nomer SPLP”
Sambil nunggu splp tercetak cuzz lah ke temen yg buat visa kami sebelum’nya , kata’nya menyanggupi sebentar buat visa.

 Minta di buatkan visa jam 13.00 kelar’nya baru jam 19.00, coba bayangkan bagaimana suasana mencekam antara jam 13.00 -18.30 blm dpt kabar visa terbit, sedangkan pesawat kami jam 22.50.

Info lagi ke saya akhirnya saya hubungi Mas Ikhsan dan Nizam orang yang bisa membuat visa kilat...

Tapi itu pada saat itu di Jakarta sudah jam 8.30 malam waktu turki masih sore tapi rasanya sama saja kalau mau bikin lagi mepet banget.... kayaknya juga sudah mustahil akhirnya Mas Ikhsan bilang ke Mb Adelia dibantu doa Insya Allah segera terbit tinggal doa aja yang kenceng...

 Istighfar banyak2 sambil menunggu visa , tiba2 si temen yg ngajak meeting kasih semangat, “ayok move on” akhirnya tetep mau melanjutkan plan awal yaitu meeting sm perusahaan ……. 
Corp utk membahas pembangunan sarana olahraga kls internasional. Akhir nya mau gak mau mencoba pura2 wajah ini gak ada masalah mencoba utk tetep strong di hadapan mereka, selesai meeting tetep sambil nunggu visa kita makan sambil ke arah bandara. Teng …. Teng…. Teng…. Terbitlah juga visa jam 19.00’an waktu Turki ( alhamdulillah )
Deg degan Proses Cek In Imigrasi di Turki

Sampai di bandara jam 20.00 permainan spot jantung di mulai, dr mulai masuk bandara mulut sudah komat kamit gak karuan, kalau sampe suami Mb Adelia tertolak beliau pesan tiket baru ke Indonesia, sedangkan kalau lanjut umroh sendiri tidak tega. Berdoa trs spy bisa lolos

Check in di istanbul : alhamdulillah lolos gak byk drama, ntah dia di silapkan sm Allah atau gmn akhirnya keluar tiket boarding pass, 

 Imigrasi Istanbul : passpor control 1 di intrograsi di lempar ke counter lain’nya dengan di tandai’ tiket boarding suami ( tanda apa juga kami gak faham) , di tanya “ini no paspor, ada paspor lain???” No No No

Di panggil 3 org petugas sekitar, gak tau ngomong apa mereka, trs sy coba dengan bahasa tubuh sy utk menceritakan bahwa kami kecopetan di ayasophia, seorang petugas mendengarkan kronologi dr suami Mb Adelia  dengan bantuan google translate, trs tau2 dia bilang, “Ya, Allah kasian, oke no problem”. akhirnya sama petugas yg di dlm kaca, dia loloskan, Alhamdulillah, akhirnya sebelum ke arah gate  mencari mushola utk  langsung sholat taubat, sujud syukur yg air mata juga gak bisa di bendung

Terbang ke Jeddah 

Drama belum berakhir : terbang lah  ke jeddah, sambil prepare ambil miqot ddlm pesawat, dan trs berdoa ddlm pesawat

 Tiba lah waktunya landing, dan taraaaa …. Mulai pengecekan paspor control, majulah sy dl, LOLOS krn paspor asli, trs suami, hmmmm….. ribet urusannya ketahuan kl itu bukan paspor asli tp hanya SPLP, pihak imigrasi laporan ke sana kemari, paspor ditahan, beserta kami juga di bawa dulu ,di geser di pinggirkan dr lokasi utk dimintai keterangan lebh lanjut,spy tidak mengganggu jalannya antrian imigrasi, dan jurus terakhir akhirnya kami lakukan seperti yg di istanbul, menceritakan segala yg terjadi selama di turki, terakhir sy tunjukin surat kepolisian kehilangan paspor dan lainnya, awal mendengar cerita itu dia gak langsung bebaskan kami, masih di konfirmasi sm atasan sana sini ( ntah bicara apa sy gak ngerti ) kok tiba2 kami di persilahkan masuk lolos 😭😭😭
 Langsung pecah air mata sy gak bisa di bendung sambil jalan menuju pengambilan bagasi, begitu juga sy liat suami nangis setelah lolos imigrasi jeddah
 Keluar dr bandara sdh ada yg jemput, kebetulan driver kenalan yg kerja sdh lama di KSA sdh sy kontak jauh2 hari utk jemput kami, banyak ngobrol smbil kita talbiyah selama perjalanan, sampailah di hotel yg kami inap pukul 05.30 pas shubuh, kami shubuhan di P10 dan P9 tower zam2, blm bisa check in kamar, krn check in jam 16.00, bingung mau istirahat dmn krn capek bgt bdn kami, muka sdh lesu, akhirnya beranilah nego ke lobby utk bisa masuk lebih awal buat kami istirahat, barangkali byr separo gpp akan sy bayar, dan ternyata Allah seakan langsung turunkan rahmat nya, sy dipersilahkan masuk kamar jam 06.30 tanpa membayar biaya tambahan, Allahu Akbar

Dan akhirnya kami istirahat bisa merebahkan badan sebelum pelaksanaan umroh.

Hikmah dari kejadian diatas
1. Jangan lelah minta sama Allah
2. Fokus jangan stress pasraaah melalui Jalur Langit seperti sedekah subuh, transfer ke anak yatim, kirim.bantuan ke panti yatim.dan minta mereka yasinan mendoakan kita secara khusus
3. Solat Taubat

Lanjutan mengurus Paspor di Kediri Jawa Timur masih PR...

Ak tadi sudah ke imigrasi mba, trs mbalik lagi, besok pagi ke imigrasi lgi kami. Minta surat kehilangan juga dr sini juga, trs dr polisi sini juga, gak cukup yg surat kepolisian dr turki, Trs td tak tanya, berapa lama jadi’nya katanya lama, krn harus di lempar ke pusat dulu, ak juga gak tau alurnya gmn....

To be continue yaaa....nanti update lanjutan paspor berapa lama...

      === Alhamdulillah ====




Posting Komentar

24 Komentar

  1. Ya Allah kak Yen.. Ikut nangis bacanya. Allah sebaik-baik pembuat rencana. Kalo aku ngeliatnya ini sebagai wujud cintanya Allah agar perjalanan umrah Keduanya (suami istri) terasa lebih syahdu karena keduanya harus bekerjasama dan meminta hanya kepada Allah.

    BalasHapus
  2. Ya Allah, kalau saya pasti udah ga bisa ngapa-ngapain. Udah takut duluan, paling bisanya nangis terus stress...
    Alhamdulillah nih banyak pengalaman bermanfaat dengan baca artikel ini
    Jadi tahu kita harus bagaimana seandainya mengalami hal serupa...
    Semoga artikel yg manfaat ini memberikan pahala yang terus mengalir untuk Mba Yeni ya
    Aamiin...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah karena niat baik meski ada drama tapi dimudahkan ya umroh mandiri Mba Adelia meski paspor hilang. Barakallah buat Mbak Yeni yang sudah membantu beliau dan suami

    BalasHapus
  4. Ternyata ada juga ya drama paspor hilang di tengah umroh kayak gini dan alhamdulillah semuanya dapat dilalui dengan baik. Alhamdulillah ya mba, berkat artikel yang ditulis banyak orang yang mendapatkan manfaat dari tulisan tersebut, malah menambah pertemanan lagi ya :)

    BalasHapus
  5. Aku baca judulnya aja serasa mau pingsan.
    Apalgi pas baca.
    Seumpama nonton film, ada horornya, ada dramanya. Wahhh mengaduk-aduk perasaa.

    BalasHapus
  6. aku ikut deg degan bacanya,, Ya Allah semoga hamda diundang lagi kesana,,,,

    BalasHapus
  7. ikut deg deg an mengikuti kisah mbak Adelia yang mbak yeni tuliskan. Alhamdulillah, dengan kuasa Allah, akhirnya masalah bisa terpecahkan ya. Intinya emang nggak boleh panik, tetap ikhtiar dan jangan lupakan Allah

    BalasHapus
  8. Ternyata di Turki juga gak aman.. Kirain di ibu kota aja yang rawan dengan tingkat kriminal tinggi.
    Untung aja, pihak imigrasi bisa membantu apabila ada kesulitan ya ...

    BalasHapus
  9. Kebayang gimana khawatir dan paniknya klo sampai kehilangan passport di negeri orang. Alhamdulillah meski harus melewati drama perjalanan bisa dilanjutkan. Pertolongan Allah terasa begitu nyata

    BalasHapus
  10. Serem banget mba ilang paspor di negeri orang. Mana kendala bahasa dan juga lembaga pasti ya. Qadarallah ya ada jalannya untuk terselesaikan semuanya meskipun panjang

    BalasHapus
  11. pengalaman memang guru terbaik, terimakasih nih info detailnya Mba... Semoga sih gak mengalami hal-hal seperti ini ya karena pasti dag dig dug banget. Penting banget buat tetep punya copy atau poto/file dr dokumen2 tadi yaa.

    BalasHapus
  12. Drama sekali ya mbak kalau urusan dokumen penting hilang tuh. Beberapa tahun yang lalu, saya juga sempat kehilangan buku nikah dan bikin duplikatnya! Eh ternyata kemaren kok ketemu bukunya. Huhu nyesek banget! wkwkkw

    BalasHapus
  13. Ya Allah alhamdulillah akhirnya bisa lanjut umrah ya mbak Adelianya. Memang di saat-saat seperti itu bantuan terakhir yang bisa kita harap ya cuma dari Allah ya, mbak

    BalasHapus
  14. Masyallah bacanya ikutan ngebayangin gimana rasanya, aku jadi merasa kayak ngerasain bingungnya. Alhamdullilah selalu ada orang baik ya, dan Allah Maha Pengasih

    BalasHapus
  15. Masya Allah... lengkap banget ini mbak Yeni untuk ulasannya, yang seperti ini penting banget. Aku simpan dulu ah, karena kemarin pun aku nyaris kehilangan paspor pas lagi traveling.

    BalasHapus
  16. Ya Allah drama selalu ada tapi ada aja pelajaran dan hikmah yang diambil ya mbak. Aku pun kalau paspor ilang apalagi di negeri org kyknya gak bisa berpikir jernih. Untung ada yang bisa ditanya dan membantu. Btw yang di Jeddah itu rasanya ajaib sekali yaa :D
    TFS ceritanya mbak.

    BalasHapus
  17. Bacanya ikut bikin deg-degan juga. Kalau aku mungkin udah keder duluan ya. Semoga ini bisa jadi pengalaman kita semua. Kudu jaga barang hati-hati dan jangan lelah buat cari solusi

    BalasHapus
  18. Bacanya sambil ngebayangin suasana yang mencekam yaa, apalagi pas pemeriksaan imigrasi tuh udah melebihi uji nyali ke rumah hantu hahahaa.
    Hiks, turut merasakan deg2annya, soalnya pernah ngalamin juga pas jalan sama teman yg kehilangan.

    BalasHapus
  19. Ya Allah, kehilang paspor di LN itu udah kayak separuh nyawa melayang. Plus HP pula yg bisa-bisanya udah dijual di konter. Copetnya gercep banget.

    Paspor dan data-data pribadi kita kudu dijaga hati-hato banget ya. Boleh juga nih beli ELP biar makin aman perjalanannya.

    BalasHapus
  20. Ya ampun mak... Bacanya bikin lemes, panik, gemes, deg-degan, terharu, semuanya campur aduk... Makasih sharingnya ya, jadi catatan buat saya...

    BalasHapus
  21. Waw... gak kebayang rasanya hilang paspor di LN. Tapi ini informasinya bagus bgt mak Gusti, karena banyak juga kejadian seperti ini ya pas lagi pelesiran.

    BalasHapus
  22. Pengalaman yang begitu berkesan ya mba, untunglah bisa mendapatkan solusi paspor yang hilang. Ngerinya kalau di luar negeri paspor hilang begitu kita terkendala bahasa

    BalasHapus
  23. Deg-degan banget pasti ya.. apalagi di luar negeri.
    Berasa hopeless, powerless, apaaja yang bisa dirapal, dirapal doanya supaya diberi kemudahan jalan keluar yang sebaik-baiknya.

    NUhun, ka Yeni uda berbagi pengalaman.
    Jadi memang pasrah dan berdoa itu pondasi yang paling mendasar yaa..

    BalasHapus
  24. Kebayang banget jadi Mba Adel dan suaminya gimana saat kehilangan paspor. Untunglah akhirnya bisa terselesaikan masalahnya. Banyak hikmah dari cerita ini termasuk jalur langit yang diketuk lewat sedekah. Masyaallah akhirnya mereka bisa umrah juga.

    BalasHapus