Drama Tiket Pesawat (Rechedule, cancel atau malah hilang tiba-tiba)


Tiket rechedule tanpa pemberitahuan??
PpTiket tiba-tiba di cancel sepihak?
Cek tiket di web maskapai berubah akan tetapi di aplikasi tempat beli tiket masih sama?

Drama diatas ituu serius lho beneran adaa....

DRAMA MASKAPAI SAUDI ARABIA AIRLINES

Promo tiket Solo - Jeddah di bulan Mey kemarin juga berkasus. Berawal dari keisengan teman saya Mbak Ani cek di web maskapai kok aneh rute Solo - Jakarta, Jakarta - Jeddah, Jeddah - Jakarta , Jakarta - Solo naah yang Jakarta - Jeddah itu hilang.

Chat ke pihak OTA (Online Travel Agent / pembelian tiket waktu itu beli di mytrip) mereka malah belum tahu, chat dunk ke maskapai banyak alasan. Banyak teman yang berjuang chat, telp ke OTA dan maskapai ada yang langsung berhasil berubah ada lagi seperti Mbak Ina tapi banyak yang perjuangannya panjang.

Mbak Rohni salah satu teman saya berhari-hari berjuang, hampir nyerah mau refund saja eeeh akhirnya berhasil etiket terbaru muncul.

Mbak Nita yang telfon berkali-kali disuruh menunggu terus hingga 7 hari akhirnya berhasil.

Mbak Alfie awal berubah langsung di urus suami saya berhasil eee lha kok berubah lagi akhirnya urus lagi sampai seminggu lebih baru kelar.

Inti dari kasus diatas adalah SEMANGAT BERJUANG PANTANG MUNDUR JANGAN MAU REFUND.

Terjadi lagi di Hari Jumat. 1 September 2023 Tiket Umroh Mbak Iin yang Jakarta- Jeddah menghilang...

Langkah yang Mbak IIn lakukan antara lain
1. Menghubungi my trip karena beli tiket di aplikasi my trip tapi solusi dari mytrip disuruh refund

2. Mb iin kekeh tidak mau refund akhirnya menghubungi Saudi arabia Airlines by phone

3. Pihak Saudi menyarakankan reconfirm je pesawat lain, seharian urus chat telp kekeh pokoknya minta tidak direfund

4. Alhamdulillah akhirnya dapat respon dan email tiket penerbangan dengan jam terbaru
Intinya adalah followup teruss jangan patah semangat apalagi nyerah, lhaa Wong tiket promo pp 5jt umroh kapan lagi kan??


DRAMA PILIPINE AIRLINES & TIKET.COM

Drama ketika tulisan ini di buat 16 Juni 2023

Jadi kami ber-6 keluarga rame-rame mau ke Jepang tanggal 23 Juni - 2 Juli 2023, hasil promoan tiket gledek.

Jauh hari sudah sounding cek in cari posisi tempat duduk tapi pilihlah yang GRATIS tidak berbayar caranya buka web maskapai, klik manage booking, seat, pilih yang gratis nah beberapa sudah tuh tapi mbak susi baru siang tadi mencoba kok gagal mulu.

Akhirnya saya coba info ke suami karena beli tiketnya numpang di aplikasi suami, lhaa malah suami kaget kok tiketnya berubah yang awalnya transit di manila 8 jam berubah jadi 20 jam tanpa ada pemberitahuan. 

Di web maskapai berubah menjadi transit 20 jam dan di aplikasi tempat kami membeli tiket masih tetap seperti semula.
                   transit di manila jadi 20 jam

Auto panik, group wa heboh, Mbak Ina langsung gerak cepat hubungi aplikasi tiket.com tempat kami membeli tiket tapi jawabannya kurang meyakinkan, tidak diberi opsi jadwal lain, langsung pindah menghubungi maskapai langsung lewat chat online akhirnya tiket mbak Ina di beri opsi transit cuma 1 jam auto langsung di iyakan.

Nah tiket kami yang lain belum diurus, suami saya masih dalam mode antrian, Mbak Indah juga nah Mbak Ina mencoba lagi eeeh nyaut di CS nya, langsung gercep kode booking kami minta diuruskan sekalian, solusinya pecah landing karena full tidak bisa menampung semua dari kami, akhirnya ada yang landing Haneda ada yang di Narita waktunya landing siang Alhamdulillah satu masalah terselesaikan.

Masalah berikutnya ittinerary kami jadi berubah yang awalnya rame-rame menginap di Narita mau tidak mau cancel untungnya hotel masih FREE CANCEL TANPA CHARGE. 

Mencari hotel lagi di Tokyo karena tinggal seminggu lagi dan bertepatan dengan malam minggu OMG harga hotel melambung tinggi😭, yaaa mau gak mau sihh. Jikalau masih tetap menginap di Narita kasian yang landing di Haneda, untuk menuju ke Narita jauhh dan menjauh dari Tokyo.

Hasil perubahan tiket terbaru
Landing di narita, transit di manila hanya 1 jam

Alhamdulillah kan intinya JANGAN MENYERAH TERUS BERUSAHA CHAT ONLINE ATAU TELFON....

Akhirnya dengan adanya drama tiket kami bisa cepat sampai Jepang awalnya transit berjam-jam jadi berubah cuma 1 jam saja.

Ulasan perjalanan kami ke jepang bisa klik disini Budget dan Ittinerary Famtrip Jepang 23 juni - 2 Juli 2023

Endingnya adalah Rechedule Membawa Berkah 

Numpang simpen ya proses chatingan mengurus rechedule

Sekalian request HALAL MEALS
DRAMA RECHEDULE CHINA AIRLINES

Kisah ini saya tulis pada tanggal 4 Agustus 2023, berawal dari pulang trip Jepang 3 Juli 2023 anak2 pengen balik Jepang lagi kapan dunkkk....

Ayah cek tiket masih tinggi, cek ricek hampir mirip Jepang tu Taipei / Taiwan cek destinasi kok cakep lhaa mirip Jepang ya iyalah wong bekas jajahan Jepang gitu lho...

Berburu tiketlah yaa maklum hemat cuti jadi kami tu bener-bener mempertimbangkan jam pesawat. Tiket berangkat kalau bisa pagi buta jam 1 pagi tiket pulang sore tiba di jakarta malam jadi besok paginya bisa langsung kerja dan sekolah.

Akhirnya issuedlah tiket pulang menggunakan maskapai China Airlines terbang pukul 17:45 tiba di Jakarta malam so paginya masih nisa explore Taipei.

Eeeeh beberapa hari lalu di rechedule dunk jadi terbang pagi jam 9 😭😭 ogah rugi auto complain ke Mytrip karena kami beli di mytrip eeeh eeeh kena biaya karena kami minta rechedule keesokan harinya.

Email ke China Airlines eeeh disuruh urus ke aplikasi tempat kami membeli. Akhirnya saya telfon China Airlines Jakarta sebanyak 3x.

Telp 1 si petugas memberi opsi free mundur satu atau 2 hari nah saya minta waktu menutup telpon untuk diskusi ke suami.

Telp 2 hasil diskusi saya minta tanggal 18 oktober eeeh si petugas info kalau tidak bisa, saya harus mengajukan ke mytrip.

Lemess tanya group wa traveling gimana nih solusi kasus saya....mb Ani bilang telfon lagi mbaa yeni berjuang info kan yg salah bukan penumpang tapi maskapai.

Telp ketiga langsung nrocoss saya infokan kalau mytrip mengenakan biaya yang tinggi padahal kesalahan bukan saya, siapa suruh tiket saya di rechedule pagi jelas jelas saya pilih terbang malam supaya efisien waktu....

Alhamdulillah dunk petugas langsung mengubah rechedule saya jadi keesokan harinya tanpa biaya dan tiket baru langsung kirim ke email.

Tiket terbaruu yesss yesss
So teman2 kalau ada masalah dengan China Airlines hubungi sini yaaa

Jakarta
Tel : 62-21-2510788
FAX : 62-21-2510787
Service Hot Line : 62-21-2510789
Office Hour : Monday to Friday 08:00 - 17:00 ; Saturday 08:00 - 13:00 (Closed on Sunday and Public Holiday)
Address : Intiland Tower, M1 Floor, JL.Jend. Sudirman Kav.32, Jakarta 10220, Indonesia
Email : jktrrci@china-airlines.com


Tiket Umroh Nama 1 kata misal Budi

Kebijakan terbaru maskapai Saudi Arabia tidak boleh lagi ada pengulangan nama di Tiket karena UEA mensyaratkan nama tiket 2 suka kata tapi TIDAK PENGULANGAN.

Contoh

Nama : Budi
Tiket   : Budi budi
Visa endorse ke Imigrasi dg 3 suku kata jadi Budi bin Abdul (nama bapak)

Tidak boleh lagi ya solusinya teman2 langsung ke 

Cs Saudi Surabaya aja minta remark 031 5482525 

Telfon saja langsung di remark kalau banyak via email lanjutannya....





Semangat yaa teman teman kalau ada masalah pertiketan

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Subhanallah u, mba, pengalaman yang bikin jantung olahraga kencang, ini, sih. Untung semua cekatan dan langsung inisiatif konfirmasi sana sini ya, mba. Jadi urusan traveling masih bisa berjalan. Pengalaman adalah guru yg paling berharga.

    BalasHapus
  2. Saya yang awam terkaget-kaget kok bisa ya rincian di tiket berubah sendiri. Namun, Alhamdulillah, ya, Mak, ada hikmahnya. Transitnya jadi cuma satu jam.

    BalasHapus
  3. Pokoknya, semua ini adalah drama seru dan seram yang dialami oleh para traveler tangguh deh. Mau geregetan atau lari-lari sepanjang koridor bandara pasti dijabani. Tahu kan, kenapa traveling tanpa agen tur selalu seru?

    BalasHapus
  4. Ya Ampun mbak saya kalau bepergian jauh mungkin sudah deh degan aja bawaannya. Kalau mbak Yeni sudah terbiasa jadi kalaupun ada drama mungkin bisa diantisipasi ya mbak

    BalasHapus
  5. Pernah ngalamin juga gimana paniknya notifkasi reschedule jadwal penerbangan datang. Tapi ya itu masih di dalam negeri sih ehehe

    BalasHapus
  6. Justru dgn kejadian spt ini, kita bakal dpt cerita2 seru. Entah menyedihkan atau menyenangkan, cerita spt ini bakal keinget selalu.

    Aku jg pernah ketinggalan pesawat tuh pas di bandara Hong Kong. Otomatis flight ke Jkt jg terlambat. Stlh drama ga bs bhs mandarin (krn di sana rata2 ga ngerti pk bhs Inggris), kita dpt fasilitas nginep semalm di sana. Asyik deh. Haha. Dan gratis. wkwk

    BalasHapus
  7. Wah, gercep berburu tiket gledek yah, kak. Tapi malah kejadian drama tiket tak terduga kekgini. But salute sih sama perjuangan supaya nggak direfund, haha.. Jadi dapet pengetahuan akutuh. Makasih loh, kak.

    BalasHapus
  8. Jadi inget teman saya yg pernah ngalamin kasus hampir serupa. Memang harus jeli dan teliti juga kritis ya, mbak. Jalan keluar selalu ada, untung petugasnya tanggap ya, mbak JD bisa reschedule tanpa mengeluarkan biaya. Thanks mbak Yeni buat solusinya, pengalaman yg berharga

    BalasHapus
  9. Aku belum pernah ngalamin drama-drama kayak gini sih alhamdulillah. Tapi emang kalau telat atau re-scedule, kita bakalan ngerasa repot minta ampun ya kak. Kesel juga karena itu berhubungan dengan alur lainnya.

    BalasHapus
  10. Btw, kalau CS Gercep juga gitu, kita jadi tenang ya, Kak. Semua yang direncanakan bersana, akhirnya berbuah banyak pengalaman berbeda juga, nih. Perjuangan yang membuahkan hasil, pastinya menyenangkan dan membuat kita jadi dapat pengalaman baru lagi.Meskipun dagdigdug juga ya karena adanya perubahan

    BalasHapus
  11. Ribet banget ya kalo ngadepin masalah kayak gini. Kitanya yang malah direpotkan harus hubungi sana sini supaya tiket sesuai dengan yang dipesan. Baru tau juga sih, kok bisa berubah gitu ketentuan dan lainnya.

    Makasih sharingnya loh, jadi memang harus rajin cek tiket di aplikasi maupun di website, biar kalo ada perubahan sewaktu-waktu bisa cepat ketahuan dan segera ditangani. Nice post !!

    BalasHapus
  12. Btw kenapa sih kok tiba2 mereka bisa seenaknya cancel tanpa pemberitahuan atau ada miss antara web dan aplikasi? Kalau penumpang gaptek atau malas ngecek pasti udah kasian banget yak. Pelajaran banget berarti harus sering2 cek aplikasi atau web untuk memastikan

    BalasHapus
  13. Salut ama perjuangannya utk bs gercep mengatasi kesulitannya saat penerbangan. Emg hal2 tak terduga ini yg bikin trip kita makin seru. Bnyk cerita seru yg bs kita ingat sepanjang masa. Dan bs jd pelajaran bg org yg mendapati kejadian serupa.

    BalasHapus
  14. Asiknya tuh karena ada wag tempat kooridinasi kalau ada apa-apa jadi bisa segera saling bantu. Selain kudu gercep, kudu jeli dan teliti saat melihat detailing tanggal keberangkatan, maskapai hingga tempat transit dan waktu transit yaa.. Keren kak Yeni.

    BalasHapus
  15. Masya Allah mba, lengkap banget kayanya pengalaman perjalanannya ya, hehe.. sampai masalah begini sudah pernah ngalamin dan Alhamdulillah teratasi :)

    BalasHapus
  16. Wah, aku pasti deg deg an dan bingunh kalau mengalami ini
    Tapi untungnya bisa saling koordinasi dan garcep ngurusnya ya mbak

    BalasHapus